facebook

7 Tanda Kamu Berada di Lingkungan Toxic, Ubah Sekarang!

Alhady Rahman Majid
7 Tanda Kamu Berada di Lingkungan Toxic, Ubah Sekarang!
Ilustrasi orang toxic.[Pexels]

Saat ini mungkin saja kamu sedang berada di lingkungan yang toxic. Seperti namanya lingkungan toxic adalah lingkungan yang beracun bagi kehidupanmu. Lingkungan dapat membunuh perkembangan dan kreativitasmu.

Tentu saja banyak orang yang ingin menghindari lingkungan seperti ini. Tapi apakah kamu tahu bahwa kamu sedang berada di lingkungan ini? Apakah kamu mengetahui jika saat ini kamu berada di lingkungan toxic? Berikut jawaban yang kamu cari. Yuk simak lebih lanjut.

1. Lingkunganmu tidak bersimpati padamu

Lingkungan atau orang-orang sekitar yang tidak menunjukkan kepeduliannya terhadap hidupmu adalah salah satu tanda bahwa kamu sedang berada di lingkungan yang toxic. Mereka lebih memilih cuek dengan keadaan dirimu yang kamu miliki saat ini.

Jika kamu merasakan hal ini maka telitilah mereka lebih lanjut. Apakah memang mereka seperti itu atau kamunya sendiri yang harus berubah?

2. Suka memanipulasi satu sama lain

Memanipulasi atau memanfaatkan satu sama lain dengan cara yang tidak baik adalah ciri berikutnya. Hal ini disebabkan karena mereka memandang dirimu untuk kemanfaatan mereka sendiri tanpa menghargai dirimu.

Rasa hormat satu sama lain menjadi berkurang bahkan menghilang. Mereka lebih suka mempedulikan urusan mereka sendiri tanpa sadar bahwa kamu disakiti oleh mereka.

3. Sering meremehkan dirimu

Lingkungan toxic lebih sering meremehkan dan merendahkan dirimu. Mereka tidak melihat kelebihan yang kamu miliki. Mereka hanya melihat dirimu yang lemah dan mereka ingin terlihat superior terhadapmu.

Jika orang-orang di sekitarmu seperti ini maka berhati-hatilah. Cobalah untuk keluar dari lingkunganmu saat ini jika mereka sering meremehkanmu. 

4. Tidak mendukung perkembanganmu

Mereka yang toxic sudah pasti tidak melihat kelebihan yang kamu miliki. Apalagi tidak melihat perkembanganmu yang selama ini kamu usahakan dan yang kamu capai.

Jika kamu merasa seperti ini maka temukan orang-orang yang mendukungmu. Tapi jangan lupa untuk tidak berlebihan dalam meminta support karena hal itu hanya akan membuatmu terlihat buruk.

5. Ego yang terlalu tinggi

Memiliki ego yang tinggi juga menjadi tanda lingkungan yang toxic. Mereka hanya memikirkan dirinya sendiri tanpa memikirkan orang lain. Mereka hanya mengikuti kemauannya sendiri.

Ini dapat kamu ketahui dengan melihat tingkah laku mereka yang selalu melihat diri mereka sendiri. Mereka tidak pernah melihat keluar dan berusaha untuk berempati kepada orang lain.

6. Tidak senang melihatmu sukses

Orang-orang toxic lebih suka melihatmu terjatuh dan menertawakanmu dan benci ketika kamu sukses. Ketika mereka melihat pencapaianmu maka mereka lebih memilih untuk berdoa supaya kamu jatuh tersungkur dan tak dapat bangkit kembali.

Mereka yang baik malah akan terus mendukungmu dan ikut gembira ketika kamu sukses. Mereka hanya melihat kebaikanmu dan kelebihanmu pada hubungan yang kalian miliki.

7. Meminta tanpa memberi

Meminta tanpa memberi adalah ciri lingkungan toxic yang terakhir. Orang toxic cenderung untuk selalu meminta tanpa memberi sesuatu. Mereka lebih suka yang gratis daripada menjalin hubungan yang baik.

Itulah beberapa tanda-tanda lingkungan toxic. Apakah lingkunganmu saat ini banyak menunjukkan hal-hal diatas?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak