facebook

4 Cara Ampuh Menguatkan Mental, Bikin Harimu Bisa Lebih Baik

Rizki Putra
4 Cara Ampuh Menguatkan Mental, Bikin Harimu Bisa Lebih Baik
Ilustrasi bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Apakah kamu pernah merasakan yang namanya lelah mental? Apapun hal yang ingin dilakukan rasanya tidak kuat untuk dilalui, meski melangkah pun harus tertatih-tatih.

Namun, bagaimanapun juga kamu tetap wajib menjanjalani hidup ini dan jangan mudah putus asa. Jika kamu saat ini sedang down, maka simak beberapa cara ampuh di bawah ini biar harimu lebih baik.

1. Melibatkan Tuhan dalam setiap urusanmu

Hal yang terpenting yang wajib kamu lakukan adalah libatkanlah Tuhan dalam setiap urusanmu. Apapun yang kamu anggap sulit diwujudkan, pasti bisa dikabulkan kalau Tuhan berkehendak.

Teruslah bersangka baik pada Tuhan, dan sertakan doa dalam segala urusan yang sedang kamu kerjakan. Kamu perlu yakin dan percaya ketika usaha dan doa selalu beriringan, apa yang kamu inginkan bisa saja terwujud.

2. Tidak berhenti mencoba saat merasa takut

Ada kalanya di mana ketakutan bisa menghentikan apa yang sedang ingin kita coba. Entah karena takut gagal, tidak mau mengulangi kesalahan yang sama, dan lain sebagainya.

Kita semua tahu bahwa untuk berani mengambil langkah dan konsisten adalah hal yang berat untuk dilakukan. Apakah sangat disayangkan jika telah berusaha, tetapi berhenti begitu saja karena merasa takut? Itu bukan langkah yang tepat, ya!

3. Stop membandingkan diri dengan orang lain

Pada dasarnya, jika membandingkan diri dengan orang lain bisa membuat mental jadi down. Hal ini terjadi karena kita terlalu fokus terhadap kesuksesan orang lain, tetapi mengabaikan keadaan diri sendiri.

Maka dari itu, saatnya kamu perlu menghentikan kebiasaan tersebut, ya! Sudah semestinya jika ingin menggapai mimpi harus fokus dengan apa yang sedang dikerjakan.

4. Jangan kebanyakan mengeluh, tetapi perbanyaklah bersyukur

Terlalu banyak mengeluh bukanlah solusi menyelesaikan masalah, justru yang ada bebanmu jadi bertambah dan mental jadi terganggu. Dibandingkan terus-menerus mengeluh, maka lebih baik perbanyak bersyukur atas apa yang saat ini kamu miliki.

Banyak hal yang bisa kamu syukuri dalam hidupmu. Bagaimanapun juga, banyak orang di luar sana yang berharap memiliki posisi yang sama sepertimu.

Sudah semestinya kamu perlu mengendalikan pikiranmu agar dapat fokus dengan apa yang ingin kamu kerjakan. Tujuannya agar pikiranmu tidak teralihkan dengan hal negatif yang justru membuat mentalmu down.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak