facebook

5 Sikap yang Jadi Penghalang Kamu Bahagia, Wajib Dihindari

Riva Khodijah
5 Sikap yang Jadi Penghalang Kamu Bahagia, Wajib Dihindari
Ilustrasi wanita bersedih.[pexels.com/MART PRODUCTION]

Setiap orang pasti menginginkan bisa hidup bahagia. Sayangnya, terkadang yang menjadi penghalang bahagia adalah diri kamu sendiri, lho!

Berikut ini akan diulas mengenai beberapa sikap yang jadi penghalang kebahagiaan. Apa saja itu? Simak terus sampai habis, ya!

1. Sikap menunda-nunda

Kebiasaan menunda-nunda memang bisa memberimu kebahagiaan. Tapi, itu hanya sementara, dan setelah malah bikin kamu stres serta tertekan.

Sebagai contoh, menunda-nunda mengerjakan tugas dari dosen. Harusnya bisa diselesaikan jauh-jauh hari, tapi kamu malah lebih memilih menghabiskan waktu untuk main-main. Akibatnya, tugas tersebut enggak bisa diselesaikan di tenggat waktu yang telah ditetapkan. Kalaupun selesai, hasilnya gak bagus karena dikerjakan terburu-buru.

Akhirnya kamu jadi menyesal karena kemarin-kemarin sudah membuang-buang waktu. Dan penyesalan merupakan salah satu hal penghalang bahagia, lho!

2. Selalu mengeluh

Sikap lain yang bikin kamu sulit bahagia, yakni mengeluh. Bukan berarti kamu enggak boleh berkeluh kesah. Hanya saja, jangan dijadikan kebiasaan, ya!

Setiap hal selalu dikeluhkan selain enggak menyelesaikan masalah, malah bikin kamu sulit menemukan solusi dari permasalahan itu, lho. Jadi, cobalah untuk bersikap lebih bijaksana dan sabar ketika menghadapi segala sesuatu yang enggak mengenakkan. Jangan sebentar-sebentar mengeluh!

3. Sering mengkritik diri sendiri

Sombong dan merasa paling benar itu enggak baik. Hanya saja, terlalu sering mengkritik atau menyalahkan diri sendiri juga sebaiknya dihindari, ya!

Sikap demikian bikin hidupmu sulit berkembang, karena selalu dihakimi oleh diri sendiri. Kamu jadi kerap berpikir negatif, dan itu akan membuatmu sulit melihat sisi baik dalam hidup ini.

4. Terlalu mengkhawatirkan masa depan

Masa depan memang harus dipersiapkan. Tapi, terlalu mengkhawatirkan masa depan malah bikin kamu jadi enggak bisa menikmati momen saat ini. Jadi, cobalah bersikap lebih moderat. Abai dengan masa depan jangan, tapi mengkhawatirkannya berlebihan juga hindari.

5. Dengki dengan kehidupan orang lain

Ingin memiliki apa yang orang lain miliki sah-sah saja. Selama kamu meraihnya dengan cara halal, itu boleh-boleh saja.

Tapi, jangan sampai jadi dengki. Yaitu, susah melihat orang lain senang, dan senang melihat orang lain susah. Sikap seperti itu malah bikin kamu enggak bahagia, lho, karena selalu dihantui kehidupan orang lain.

Nah, itu dia beberapa sikap yang dapat jadi penyebab kenapa kamu sulit bahagia. Mulai sekarang diubah, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak