facebook

4 Sifat Baik yang Dimiliki oleh Orang yang Good Listener

Rizki Putra
4 Sifat Baik yang Dimiliki oleh Orang yang Good Listener
Ilustrasi berdiskusi.[pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA]

Seseorang yang dapat menjadi pendengar yang baik bagi orang lain biasa disebut juga dengan good listener. Ada banyak hal baik yang dimiliki oleh orang good listener dari sisi kepribadian maupun sifatnya.

Misalnya saja seperti tidak senang menghakimi orang lain, pintar memahami perasaan lawan bicaranya, dan lain sebagainya. Mau tau apa saja sifat baik yang dimiliki good listener? Yuk, simak artikel ini sampai selesai, ya!

1. Tidak suka menghakimi orang lain

Hal baik yang dimiliki oleh orang yang good listener adalah tidak senang untuk menghina atau menghakimi orang lain. Walaupun ada orang yang berpenampilan sangat buruk, dia tidak semena-mena menghakimi. Sebab, dia perlu mengenal lebih dalam sebelum menilainya.

Karena dia paham bahwa tidak boleh asal sembarangan menghakimi orang lain. Sehingga, dia pun bisa menghargai orang lain dengan baik.

2. Pandai menempatkan waktu untuk bicara dan mendengarkan

Memang menjadi hal yang natural jika orang yang good listener pandai menempatkan waktu untuk bicara dan mendengarkan. Sebab, dia tahu bahwa asal memotong pembicaraan orang lain merupakan tindakan yang tidak bijak.

Walaupun ini terkesan sederhana, justru akan terlihat jelas bahwa sikap tersebut sulit untuk dimiliki. Bukan hanya itu saja, dia pun bisa menghargai setiap orang yang berbicara dan mengeluarkan gagasannya.

3. Tidak suka mencampuri urusan lain, tapi bersedia dijadikan tempat curhat

Orang yang good listener memang bisa memahami batasan privasi kehidupan orang lain. Sehingga, tidak suka mencampuri urusan lain, tapi bersedia dijadikan tempat curhat.

Bagaimanapun juga, sosok orang yang good listener memang memiliki pemahaman yang baik soal perasaan orang lain. Jadi, tentu saja dia dijadikan tempat curhat oleh banyak orang.

4. Dapat menjaga rahasia

Kalau seseorang yang good listener bukan hanya bisa mendengarkan dan bersabar menghadapi orang lain, namun dia juga dapat menjaga rahasia. Sehingga, dia menyimpan dengan baik cerita-cerita dari orang lain.

Kenyataannya, akan banyak orang yang nyaman jika curhat dengan orang yang good listener. Bagaimanapun juga, dia menganggap bahwa kepercayaan yang diberikan dari orang lain perlu dijaga dengan baik.

Orang yang good listener memang menjadi teman yang asyik untuk diajak berdiskusi ataupun tempat curhat. Hal ini terjadi karena dia memiliki sifat baik seperti pada ulasan di atas.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak