facebook

4 Alasan Mengapa Fresh Graduate Susah Mendapat Pekerjaan, Belum Ada Pengalaman

Riva Khodijah
4 Alasan Mengapa Fresh Graduate Susah Mendapat Pekerjaan, Belum Ada Pengalaman
Ilustrasi stres (freepik.com/pressfoto)

Setelah menyelesaikan jalur pendidikan formal, pasti kamu sudah berharap bisa segera mendapat pekerjaan, kan? Rasanya menyenangkan sekali bila sudah memiliki penghasilan sendiri, dan gak harus minta orangtua untuk membeli apapun yang kamu inginkan.

Sayangnya, terkadang harapan gak sesuai dengan kenyataan. Ternyata mendapatkan pekerjaan gak semudah yang kamu bayangkan selama ini.

Ada beberapa alasan kenapa fresh graduate atau lulusan baru susah mendapat pekerjaan. Ingin tahu apa saja yang jadi penyebabnya? Simak pembahasannya lebih lanjut!

1. Belum ada pengalaman

Hal pertama yang paling sering menjadi alasan lulusan baru sulit mendapat pekerjaan, yakni belum adanya pengalaman. Dengan pengalaman yang masih minim, otomatis perusahaan harus melakukan training supaya kamu dianggap layak menjalani tugas yang diharapkan. Kondisi ini gak dialami bila perusahaan mempekerjakan karyawan yang sudah memiliki pengalaman.

Itu sebabnya saat masih sekolah atau kuliah, perbanyaklah pengalaman. Bila ada kesempatan magang, ambil kesempatan itu. Karena hal tersebut bakal jadi bekalmu nanti ketika melamar kerja.

2. Skill yang dimiliki bukan yang dibutuhkan perusahaan

Terkadang demi mendapatkan pekerjaan, kamu gak peduli dengan posisi yang ditawarkan. Apapun asalkan diterima gak jadi masalah.

Sayangnya, terkadang skill yang kamu miliki saat bersekolah atau kuliah gak sesuai dengan kemampuan yang dibutuhkan di posisi yang kamu lamar. Akibatnya, perusahaan jadi urung untuk menerima kamu sebagai karyawannya.

3. Terlalu idealis

Penyebab lain kenapa lulusan baru susah mendapat pekerjaan, yakni terlalu idealis. Sebagai contoh, menuntut gaji tertentu, dan menolak bila gaji yang ditawarkan gak sesuai.

Memang, memiliki standar itu penting. Akan tetapi, harus melihat lagi situasinya. Bila sudah melamar ke sana-sini belum diterima juga, maka terima saja pilihan yang ada meski gajinya belum sesuai dengan yang diharapkan. Selama gajinya masih masuk akal, maka itu lebih baik daripada menganggur, kan?

4. Nilai kurang bagus

Memang, nilai bagus itu bukan satu-satunya hal penting saat mencari pekerjaan. Akan tetapi, dengan nilai yang bagus perusahaan jadi bisa menebak bagaimana karaktermu. Apakah kamu sungguh-sungguh atau pemalas.

Makanya, buat kamu yang masih menempuh pendidikan, bersungguh-sungguhlah dalam belajar. Setidaknya dengan nilai bagus akan memperbesar peluangmu mendapat pekerjaan.

Itu dia beberapa hal yang jadi penyebab fresh graduate sulit mendapat pekerjaan. Semoga dengan mengetahui poin apa saja yang penting diperhatikan, kamu jadi bisa memperbaikinya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak