facebook

Menjadi Ibu Rumah Tangga sekaligus Wanita Karier? Pertimbangkan 5 Hal Ini

Desyta Rina Marta Guritno
Menjadi Ibu Rumah Tangga sekaligus Wanita Karier? Pertimbangkan 5 Hal Ini
Ilustrasi Wanita Karier (Pixabay/StockSnap/desytarina)

Menjadi seorang ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang mulia bagi seorang wanita, akan tetapi turut membantu perekonomian keluarga juga salah satu wujud perempuan hebat.

Di zaman modern seperti ini banyak perempuan yang memutuskan untuk menjadi wanita karier, bekerja penuh waktu agar mandiri sekaligus membuat ekonomi keluarganya lebih baik.

Memilih menjadi ibu rumah tangga sekaligus wanita karier juga tidak ada salahnya, akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengambil keputusan tersebut.

Berikut adalah hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih menjadi ibu rumah tangga dan berkarier.

1. Keluarga

Hal pertama sekaligus yang paling utama dipertimbangkan adalah keluarga. Meskipun tujuan bekerja juga untuk keluarga, tapi anda perlu memikirkan hal-hal seperti menu apa yang akan dimasak, apakah pekerjaan rumah sudah beres, dan memastikan apakah pr anak sudah dikerjakan.

Apapun alasan anda bekerja, pastikan keluarga tetap menjadi prioritas karena itulah yang sebenarnya menjadi tanggung jawab anda sebagai wanita.

2. Izin Suami

Sebagai istri tentu kamu tidak bisa meninggalkan rumah tanpa izin dari suami, khususnya dalam hal bekerja. Lebih baik berdiskusi dengan suami terlebih dahulu untuk menghindari masalah ke depannya.

3. Membagi Waktu

Menjadi ibu rumah tangga yang bekerja harus pandai-pandai mengatur waktu, mana waktu untuk bekerja, mengurus rumah, mengurus anak, dan istirahat. Dapat dipastikan bahwa ibu rumah tangga yang bekerja harus cekatan agar semua tanggung jawabnya dapat terlaksana dengan baik.

4. Fisik

Siapa bilang menjadi ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang mudah? Pekerjaan tersebut juga sama melelahkannya dengan pekerjaan lain. Kalau menjadi ibu rumah tangga saja sudah menguras tenaga, maka anda harus menyiapkan fisik dan stamina yang kuat apabila ingin bekerja.

5. Bekerjasama dengan Anggota Keluarga

Untuk meringankan pekerjaan anda, anda bisa berdiskusi dengan suami dan anak tentang pembagian tugas masing-masing. Misalnya jika anak sudah besar, mereka bisa mencuci pakaian mereka sendiri. Atau bisa juga saling membantu dalam mengerjakan pekerjaan rumah. Dengan kesepakatan itu, anda tetap bisa bekerja dengan tenang tanpa khawatir pekerjaan rumah yang keteteran.

Itulah lima hal yang perlu diperhatikan jika anda ingin menjadi ibu rumah tangga sekaligus wanita karier, apapun yang anda pilih itu adalah pekerjaan yang mulia karena anda melakukannya untuk keluarga.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak