facebook

4 Sikap yang Justru Menjadi Penghambat Potensi Besar dalam Dirimu

Rizki Putra
4 Sikap yang Justru Menjadi Penghambat Potensi Besar dalam Dirimu
Ilustrasi bingung.[pexels.com/Monstera]

Pada dasarnya, setiap orang memang memiliki kelebihan yang ada dalam dirinya masing-masing. Tapi kenyataannya, tidak banyak orang bisa memanfaatkan potensi tersebut untuk dikembangkan secara baik. Meskipun sudah menyadari bakat yang ada dalam diri, justru ada sikapmu yang menjadi penghambatnya.

Sudah seharusnya kamu bisa menghindari sikap buruk yang dapat menjadi penghambat di masa depan kelak. Maka dari itu, hindari beberapa sikap berikut ini yang menjadi penghambat potensi besar dalam dirimu.

1. Sering gelisah dengan pendapat orang lain 

Memang hal yang wajar jika ada keraguan dalam mencoba sesuatu hal. Namun sayangnya, jangan sampai kamu membiarkan perasaan tersebut membuatmu jadi menggagalkan segala hal yang ingin kamu mulai.

Terlebih lagi, jangan terlalu gelisah dan selalu memikirkan tentang pendapat orang lain tentang dirimu. Jika ada yang memberimu kritik, itu merupakan hal yang wajar. Asalkan, jangan sampai kehilangan fokus agar mentalmu mudah hancur gara-gara perkataan orang lain.

2. Terlalu takut mengambil risiko lantaran tidak ingin gagal

Memang banyak orang di luar sana merasa senang jika sudah berada di zona nyaman. Kenyataannya, hal tersebut justru bisa menghentikan kreativitasmu dan potensi yang ada dalam dirimu.

Jika kamu memiliki mimpi yang belum tercapai, maka jangan takut untuk memulai dan menjalaninya hingga hal tersebut terwujud. Bagaimanapun juga, orang yang sudah sukses pasti pernah melewati kegagalan semasa hidupnya.

3. Terlalu banyak beralasan

Ada saja orang di luar sana jika mengalami kegagalan justru mentalnya langsung down. Sehingga, menganggap bahwa dirinya tidak memiliki bakat atau potensi. Bukan hanya itu saja, justru terlalu banyak beralasan atas hal yang sudah terjadi.

Bagaimanapun juga, hal-hal tersebut justru tidak menjadikanmu sosok yang berkualitas. Sebenarnya, kekurangan yang ada dalam diri bukan menjadi alasan untuk pasrah begitu saja menerima nasib buruk yang menimpa hidupnya.

4. Terlalu mudah merasa puas dan berhenti

Salah satu sikap yang berbahaya yang mesti dihindari adalah merasa puas diri. Sebab, sikap tersebut membuat diri kita jadi mudah berbangga hati dan berhenti lantaran sudah merasa hebat.

Jika memiliki sikap tersebut, justru akan mudah dikalahkan orang lain. Hal ini terjadi karena orang lain terus giat dan tidak putus asa mengasah kemampuan diri. Maka dari itu, hindari sikap ini, ya!

Sudah semestinya kita bisa menghindari sikap buruk yang bisa menghambat potensi besar yang ada dalam diri. Sehingga, kamu bisa lebih bisa mengembangkan potensi demi masa depan yang lebih baik.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak