facebook

5 Kegiatan Menyenangkan untuk Menghabiskan Waktu Sendiri di Rumah

Habil Samsuri
5 Kegiatan Menyenangkan untuk Menghabiskan Waktu Sendiri di Rumah
Ilustrasi seseorang yang bosan saat dirumah.(Pexels/Andrew Neel)

Di masa pandemi Covid-19 ini, banyak kegiatan yang biasa dilakukan bersama mulai jarang dilakukan. Begitupun saat berkegiatan di luar rumah. Namun, jangan bersedih hati, karena masih ada kegiatan yang bisa dilakukan saat sendiri di rumah. Atau biasa disebut me time. dimana kamu menghabiskan waktu dengan diri sendiri.

Menghabiskan waktu dengan diri sendiri termasuk kesempatan untuk pertumbuhan dan eksplorasi, yang tak kalah menyenangkan saat dilakukan di rumah. Juga dapat dijadikan healing untuk diri sendiri dan terbukti dapat mengurangi tingkat stres seseorang. Lalu apa saja kegiatan yang dapat dilakukan di rumah saat sendiri? Yuk simak!

1. Memasak makanan lezat

Seseorang sedang memasak (Pexels/Andrea Piacquadio)
Seseorang sedang memasak (Pexels/Andrea Piacquadio)

Untuk kamu yang rindu menjelajahi kuliner bersama teman-temanmu atau dengan orang terdekat, memasak dapat menjadi solusi buat kamu untuk meninkmati me time di rumah. Kamu bisa memulai dengan memasak makanan yang kamu sukai atau bisa juga memasak makanan yang sedang tren. Seperti di Instagram atau TikTok, kamu bisa menemukan resep makanan yang lezat, dari yang mudah yang sulit sekalipun dapat kamu lakukan. Tidak hanya melakukan karena hobi saja, kamu pun bisa menekuninya, seperti memulai bisnis makanan.

2. Membuat Kerajinan Tangan

Seseorang sedang membuat kerajinan tangan (Pexels/Alex Green)
Seseorang sedang membuat kerajinan tangan (Pexels/Alex Green)

Selain menyenangkan, membuat kerajinan termasuk kegiatan kreatif. Mulailah membuat sesuatu dari bahan-bahan yang ada di rumah. Kamu juga bisa mendapatkan referensi atau inspirasi dari video tutorial di Instagram atau YouTube. Barang yang sudah kamu buat, bisa dijadikan dekorasi kamar atau sesuatu yang bermanfaat. Seperti hobi memasak, membuat kerajinan juga bisa kamu jadikan bisnis untuk sesuatu yang jauh lebih bermanfaat.

3. Melakukan Meditasi

Seseorang melakukan meditasi (Pexels/Andrea Piacquadio)
Seseorang melakukan meditasi (Pexels/Andrea Piacquadio)

Salah satu bentuk pemulihan adalah melakukan meditasi. Manfaat meditasi sangat banyak, mulai dari pengurangan rasa sakit hingga peningkatan kreativitas. Awalnya kamu berpikir bahwa meditasi adalah hal yang tidak menarik bahkan membosankan. Namun, ketika kamu mulai melakukannya, kamu akan mulai merasakan ketenangan dalam dirimu. Sesuatu yang tidak dapat didapat saat kamu berkegiatan di luar. Kamu bisa mulai berlatih meditasi dengan sesi singkat 10 menit dan lakukan lebih jika sudah biasa melakukannya.

4. Membaca Buku

Seseorang sedang membaca  buku (Pexels/ANTONI SHKRABA)
Seseorang sedang membaca buku (Pexels/ANTONI SHKRABA)

Masih banyak orang yang malas untuk membaca buku. Sama seperti melakukan meditasi, mereka yang malas membaca berpikir bahwa ini adalah hal yang membosankan. Padahal membaca buku sudah terbukti mendatangkan banyak manfaat, seperti meningkatkan konsentrasi, kecerdasan, menambah wawasan, dan masih banyak lagi manfaatnya. Buku memiliki kemampuan untuk menggerakkan kita melalui ruang dan waktu.  Mulailah membaca buku dengan jenis atau genre yang kamu sukai. Jika kamu tidak menyukai nonfiksi, kamu bisa membaca buku fiksi yang menarik, juga memukau dengan cerita yang menginspirasi. banyak buku non-fiksi yang akan memukau kamu dengan ide dan pemikiran baru.  

5. Menanam Tumbuhan

Seseorang sedang menanam tumbuhan (Pexels/cottonbro)
Seseorang sedang menanam tumbuhan (Pexels/cottonbro)

Terakhir, menanam tumbuhan dan memulai berkebun. Tidak kalah dengan kegiatan yang lain, menanam tumbuh juga menyenangkan untuk dilakukan saat di rumah. Kamu tidak perlu bingung jika di rumahmu tidak ada halaman belakang atau balkon untuk menanam tanaman. Di zaman sekarang, sudah banyak yang bisa dilakukan di ruang tertutup untuk menanam tumbuhan. Selain itu, dapat menambahkan sentuhan dekorasi di dalam ruanganmu.  

Nah, itulah lima kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan di rumah saat sendiri. Dengan menghabiskan waktu dengan diri sendiri, kamu bisa lebih menghargai dirimu dan waktu, serta kamu bisa belajar lebih mandiri dan tidak bergantung kepada siapa pun. Semoga bermanfaat, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak