facebook

3 Aplikasi Simple yang Harus Dimiliki Penulis

Aqil Husein Almanuri
3 Aplikasi Simple yang Harus Dimiliki Penulis
Ilustrasi Penulis. (pexels).

Saat ini, menjadi penulis bukan hanya soal hobi. Namun, beberapa dari mereka justru menganggapnya sebagai pekerjaan. Tipe pekerjaannya pun bermacam-macam, ada yang menjadikannya sebagai kerjaan sampingan, ada juga yang menjadikannya sebagai kerjaan utama. 

Ide tulisan seringkali muncul di saat yang tidak terduga. Kadang ketika hang-out bersama teman, jalan-jalan di taman, kencan dengan pasangan, atau ketika lagi di toilet. Sangat tidak terduga. Keadaan tidak terduga tersebut seringkali membuat para penulis ini tidak sempat mencatat ide itu, lupa, dan akhirnya terbuang percuma. Sayang, bukan?

Parahnya, seringkali ketika dalam keadaan-keadaan seperti itu, kita tidak membawa laptop untuk menuangkan gagasan lewat tulisan. Bisa jadi lupa, memang sengaja tidak dibawa karena ribet, atau memang tidak punya. 

Namun di era--yang katanya--hedon ini, penulis tidak perlu khawatir lagi. Ponsel tipe android atau iPhone telah menyajikan fitur dan aplikasi-aplikasi yang memudahkan penulis untuk berkarir, meskipun ketika sedang berada di luar dan tidak membawa laptop atau tidak memiliki laptop. Bahkan, aplikasi-aplikasi tersebut bisa diakses di ponsel kentang.

Berikut telah dirangkum beberapa aplikasi ponsel yang bisa membantu penulis untuk tetap berkarya lewat ponsel.

1. Microsoft Office

Tentu aplikasi pertama ini adalah aplikasi wajib bagi setiap penulis yang bekerja lewat ponsel. Pasalnya, melalui aplikasi ini, penulis bisa menulis sambil lalu mengedit tulisan. 

Setiap media memiliki ketentuan masing-masing, misal ukuran huruf, gaya huruf, spasi, dan lain-lainnya. Biasanya semuanya ini dikerjakan di laptop, namun sekarang bisa dikerjakan hanya lewat ponsel, dengan menggunakan aplikasi tersebut. 

2. Note atau Catatan

Sebenarnya untuk aplikasi ini kegunaannya relatif. Tergantung kebutuhan. Ada yang memang butuh, ada juga yang tidak. 

Aplikasi ini bisa digunakan sebagai media menulis sebelum nantinya diedit ke aplikasi Microsoft Word atau Microsoft Office. Sebenarnya bisa juga langsung menulis ke Microsoft Word, tapi bagi saya pribadi menulis di note dulu lebih nyaman dan ringan. Sedangkan di word, kita cuma tinggal edit. 

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) 

Untuk memastikan ejaan kamu benar, tentunya diperlukan aplikasi Kamus. Aplikasi ini juga digunakan untuk menjadi penjelas ketika kamu sedang bingung mencari penulisan sebuah kata yang benar. 

Ukuran aplikasinya pun sangat kecil, hanya sekitar 6-7 MB. Bisa diakses di ponsel kentang sekalipun. Di Playstore atau Appstore, aplikasi yang dijumpai biasanya adalah aplikasi KBBI edisi V, terbitan resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). 

Itulah 3 aplikasi yang bisa kamu akses di ponselmu untuk mulai menulis. Menulis tidak harus pakai laptop. Cukup tuangkan ide menarikmu lewat ponsel kentangmu. Sekian

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak