facebook

Lakukan 4 Hal Ini Sebelum Salat agar Bisa Khusyuk

Rozi Rista Aga Zidna
Lakukan 4 Hal Ini Sebelum Salat agar Bisa Khusyuk
Ilustrasi salat (Pixabay)

Salat bisa khusyuk jika suasananya mendukung. Suasana yang dimaksud adalah kondisi sebelum menunaikan salat. Sedikit banyak kondisi sebelum salat akan memengaruhi kekhusyukan dalam salat. Jika sebelum salat kondisi tidak memungkinkan atau kurang persiapan, niscaya salat hanya biasa-biasa saja, bahkan tidak khusyuk dan pikiran bisa terbang ke mana-mana.

Berikut 4 hal yang perlu dipersiapkan sebelum melaksanakan salat agar berlangsung dengan khusyuk dan tenang.

1. Jangan menahan hadas

Menahan buang hajat sangat mengganggu kekhusyukan dalam salat. Bisa dipastikan ketika menahan kencing, buang angin apalagi menahan buang air besar, ia tidak akan bisa salat dengan khusyuk.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, bagi seorang muslim yang kebelet mau buang air, hendaknya buang hadas sebelum berwudu, agar saat salat tidak sibuk menahan hadas sehingga mengganggu konsentrasi salat.

2. Jangan menahan lapar, dahaga dan lainnya

Menahan rasa ingin makan dan minum juga berpengaruh besar pada hilangnya konsentrasi dalam salat. Maka, tidak salah jika ada yang mengatakan, "Lebih baik makan ingat salat, daripada salat ingat makan." Maksudnya, lebih baik kita makan dulu jika dalam hati ada keinginan untuk makan. Jangan menunda-nunda makan atau minum sebelum salat, agar energi khusyuk dalam salat dapat kita raih.

Mengenai hal ini, Nabi Muhammad bersabda:

"Apabila makanan telah dihidangkan dan salat telah dikumandangkan iqamahnya, makan hendaklah mendahulukan makan." (HR. Ahmad dan Muslim)

3. Jangan mengantuk

Disarankan bagi orang-orang yang mengantuk saat akan salat, hendaknya tidur terlebih dahulu. Karena, rasa kantuk akan mengakibatkan pada salat yang tidak bisa khusyuk. Namun, bagi orang-orang yang khawatir tidak menututi waktu salat, maka mendahulukan salat adalah perkara yang lebih baik.

4. Menata tempat semaksimal mungkin

Penataan dan penempatan tempat bisa berpengaruh pada kondisi batin seseorang. Ruangan yang full music atau dinding yang dipenuhi dengan gambar-gambar akan bisa menjadi gangguan untuk meningkatkan konsentrasi.

Inilah alasan Rasulullah yang menganjurkan agar pada saat salat kita hendaknya memakai baju putih polos yang tidak ada gambar dan tulisannya. Sebab, jika kita kenakan baju yang bergambar dilengkapi dengan tulisannya maka orang lain yang salat di belakang kita otomatis melihat dan membacanya, sehingga orang tersebut tidak bisa tunaikan salat dengan khusyuk.

Demikianlah empat hal yang perlu disiapkan sebelum salat agar dalam pelaksanaan salat kita bisa kerjakan dengan khusyuk dan tenang.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak