facebook

4 Alasan Seseorang Memiliki Rasa Benci dalam Diri, Kalah Bersaing Salah Satunya

Juandi Manullang
4 Alasan Seseorang Memiliki Rasa Benci dalam Diri, Kalah Bersaing Salah Satunya
Ilustrasi gambar membenci. (moosephotos/pexels)

Dalam kehidupan kita saat ini, pasti sering melihat kebencian dalam diri orang lain dan merasakan kebencian dalam diri kita sendiri. Kebencian itu hadir bukan karena dibuat-buat tetapi karena ada sesuatu hal yang tidak bisa diterima.

Namun demikian, kebencian itu memang harus dilawan karena tak relevan diterapkan dalam kehidupan. Kebencian akan membawa luka dan keretakan dalam hubungan. Dalam kesempatan ini pula, perlu kita tahu alasan kenapa seseorang itu membenci orang lain. Berikut empat alasan yang harus kamu ketahui.

1. Adanya kesombongan

Seseorang membenci tentu ada alasannya, salah satunya karena kesombongan yang ditunjukkan orang lain. Kesombongan itu memiliki dampak buruk seperti mendapat banyak pembicaraan miring atau gosip dari orang lain dan orang pun akan banyak membencinya.

Oleh karena itu, semakin kita sombong akibatnya adalah orang lain akan membenci. Hindarilah kesombongan agar banyak cinta yang didapat.

2. Tidak suka kedamaian

Alasan kedua seseorang membenci adalah tidak suka kedamaian. Harus diketahui bahwa ada saja orang dalam hatinya tidak senang ketika melihat teman atau rekannya kompak atau dekat dengan orang lain. Sikap seperti itu tidak untuk dicontoh karena mampu merusak kebersamaan dan kedamaian antar sesama.

3. Kalah Bersaing

Dalam sebuah kompetisi dikenal kata persaingan, apalagi persaingan menjadi juara. Jikalau melihat teman juara, ada saja yang merasa kalah dan tak terima dengan hasil tersebut sehingga dia pun membenci yang menang.

Selain itu, jikalau kalah bersaing mendapatkan sosok wanita atau pria yang disukai, maka itu awalnya seseorang membenci karena kalah bersaing.

Kebencian itu lahir juga karena kalah dalam bersaing. Hal seperti ini tidak sepantasnya ada dan dipertahankan. Seharusnya, sikap-sikap seperti itu dibuang jauh-jauh.

4. Omongan yang kasar

Omongan kasar seseorang terhadap orang lain dapat menimbulkan kebencian yang mendalam. Omongan yang kasar menciptakan rasa sakit hati, terlebih omongan itu menyindir kehidupan pribadi maka akan timbullah kebencian. 

Oleh karena itu, setiap omongan harus dijaga agar tidak menimbulkan kebencian orang lain terhadap kamu. Berbicaralah dengan sopan dan punya etika karena tak ada ruginya juga. 

Itulah empat alasan mengapa seseorang memiliki rasa benci terhadap orang lain. Keempat alasan tersebut dapat menjadi bahan masukan buat kita dalam membina hubungan baik dengan orang lain dan membuang kebencian dalam hati. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak