facebook

Lakukan 3 Hal ini jika Ingin Menjaga Kesehatan Mental

Tia Antonia
Lakukan 3 Hal ini jika Ingin Menjaga Kesehatan Mental
Ilustrasi bahagia karena memiliki kesehatan mental yang baik.[Andre Furtado/Pexels]

Kesehatan tubuh itu penting untuk dijaga. Kamu mungkin sering berolahraga, makan makanan sehat dan minum air putih yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuhmu agar tidak mudah sakit. Bagaimana dengan mentalmu?

Buat kamu yang menyadari bahwa kesehatan mental itu penting, kamu pasti penasaran bagaimana caranya agar kamu bisa menjaga kesehatan mentalmu juga. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa membantumu untuk menjaga kesehatan mental jika kamu lakukan setiap hari:

1. Terbukalah pada Orang yang Bisa Kamu Percaya

Jika kamu ada masalah, ada baiknya kamu ceritakan pada seseorang yang bisa kamu percaya dibandingkan dengan memendamnya seorang diri dan membuatmu tertekan menahan semuanya. Orang itu mungkin tidak bisa membantumu lebih banyak, tapi setidaknya kamu ada tempat untuk meluapkan emosimu apalagi emosi yang sudah menumpuk. Sadar atau tidak, akan ada sedikit kelegaan di dalam dirimu jika kamu melakukan hal ini.

2. Fokus pada Hal yang Harus Kamu Lakukan

Jangan terlalu sibuk memikirkan apa yang akan terjadi jika kamu tidak melakukan hal-hal yang saat ini belum mampu kamu lakukan. Kamu hanya akan memaksa dirimu untuk bekerja dengan keras hingga akhirnya kamu tidak fokus melakukan hal yang seharusnya kamu selesaikan saat itu juga. Fokuslah menyelesaikan hal yang harus dan bisa kamu lakukan dengan menyingkirkan segala kekhawatiran yang mungkin akan terus mengganggu pikiranmu.

3. Meluangkan Waktu untuk Merenungkan atau Menulis Apa yang Bisa Kamu Syukuri

Dengan merenungkan apa yang bisa kamu syukuri hari ini, kamu sudah satu langkah membawa dirimu untuk lebih sehat secara mental. Mengingat-ingat apa yang telah kamu dapatkan meski hanya hal yang kecil akan lebih baik daripada mengeluh karena tidak mendapatkan hal yang besar. Jika perlu, tulislah apa saja hal yang telah kamu dapatkan sepanjang hari dan bersyukurlah untuk semua itu karena mungkin saja kamu tidak akan mendapatkannya lagi di kemudian hari.

Demikianlah tiga hal yang dapat membantu kamu untuk menjaga kesehatan mental kamu. Jangan memaksa dirimu untuk melakukan segala sesuatunya dalam satu waktu. Bersabarlah dan fokus selesaikan apa yang bisa kamu selesaikan. Tidak apa jika kamu berjalan sangat lambat asalkan ada langkah yang kamu lakukan dibandingkan dengan diam di tempat. Berhentilah untuk merasa khawatir berlebihan, kendalikan rasa takutmu dan teruslah bersyukur atas apa yang kamu dapatkan hari ini. Selamat merenung.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak