facebook

3 Alasan Pentingnya Mahasiswa untuk Mulai Menabung Dari Sekarang

Habil Samsuri
3 Alasan Pentingnya Mahasiswa untuk Mulai Menabung Dari Sekarang
Ilustrasi menabung (Freepik)

Menabung adalah kegiatan atau hal dasar dalam mengelola keuangan. Menabung bukanlah hal asing, karena hampir semua orang sudah diajarkan untuk menabung sejak kecil oleh orang tuanya. Pentingnya menabung untuk menyiapkan dana cadangan di masa depan, termasuk bagi mahasiswa.

Tak jarang, sebagian mahasiswa belum mau memulai menabung dari sekarang. Padahal manfaat menabung sangat banyak dan penting selama berkuliah bahkan sampai di masa depan. Kenapa mahasiswa harus menabung?

Berikut 3 alasan penting mengapa mahasiswa harus menabung dari sekarang.

1. Menjadi dana darurat

Tabungan yang kamu miliki itu akan menjadi dana darurat ketika nanti suatu waktu kamu butuhkan. Contoh yang sering terjadi pada mahasiswa yaitu kebutuhan tugas yang membutuhkan biaya yang lebih, kerusakan laptop, dan kebutuhan kuliah lainnya. Selain itu, berguna juga untuk kesehatanmu. Jika suatu saat jatuh sakit, dana darurat inilah yang menjadi penolongmu sebagai bentuk biaya pengobatan dan lainnya. Dengan kamu memiliki tabungan, kamu tidak akan merasa pusing karena semua kebutuhan akan terpenuhi tanpa harus meminta atau meminjam uang orang lain.

2. Membatasi kelebihan belanja

Hobi berbelanja termasuk kebiasaan yang dimiliki mahasiswa. Kebiasaan ini akan menjadi buruk jika dilakukan dengan berlebihan. Belanjalah sesuai dengan kebutuhanmu bukan keinginanmu. Cobalah menyisihkan uang bulanan atau uang jajanmu dari orang tua untuk ditabung. Jika melakukannya dengan niat, menabung menjadi solusi untuk membatasi atau bahkan menghilangkan kelebihan belanja.

3. Menghindari berutang

Siapa yang ingin memiliki utang? Jawabannya pasti tidak ada yang ingin. Penting mahasiswa ketahui jika selama kuliah belum bisa menghasilkan uang, sebaiknya jangan memiliki utang pada siapapun. Bagaimana bisa membayar tagihan utang jika belum memiliki penghasilan. Salah satu yang sering terjadi pada mahasiswa, yaitu membeli barang secara kredit. Daripada seperti itu, mending menabung dahulu sampai uangnya terkumpul, setelah itu baru bisa membeli barang secara kontan. Maka dari itu, menabung menjadi alasan tepat untuk mahasiswa terhindar dari berutang.

Itulah ketiga alasan penting menabung untuk mahasiswa. Jangan pernah mengangah remeh untuk menabung. Ingatlah bahwa memprioritaskan tabungan termasuk kunci sukses di masa depan. Semoga bermanfaat dan semangat menabung, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak