facebook

Bisa Meningkatkan Produktivitas, Ini 3 Tips Melakukan Multitasking

Habil Samsuri
Bisa Meningkatkan Produktivitas, Ini 3 Tips Melakukan Multitasking
Ilustrasi seseorang sedang melakukan multitasking (Pexels/Karolina Grabowska)

Sebagian orang tidak bisa melakukan banyak pekerjaan pada waktu yang bersamaan atau yang disebut dengan multitasking. Di zaman yang semuanya serba cepat ini, pasti kita dituntut untuk bisa melakukan multitasking. Seperti saat kuliah ketika harus mengerjakan tugas sambil rapat organisasi atau saat menulis sambil menelepon.

Melakukan multitasking ini termasuk dari bagian produktivitas yang efektif, tentunya dengan hasil yang maksimal. Bagi sebagian orang yang terbiasa melakukannya pasti akan terasa mudah, namun beberapa orang juga asa yang tidak terbiasa atau bahkan tidak bisa sama sekali melakukan multitasking.

Berikut 3 tips melakukan mutlitasking.

1. Tetapkan alokasi waktu untuk setiap tugas

Jika sedang berhadapan dengan banyak tugas, langkah pertama kamu harus membuat daftar tugas mulai dari yang tenggat waktu pengumpulannya paling dekat. Selain membuat daftar tugas, kamu juga bisa menentukan waktu setiap pengerjaannya, agar tidak memakan banyak waktu dan lebih efisien. Kamu juga bisa membuat skala prioritas dari tugas yang tersulit hingga termudah atau sebaliknya. Dengan melakukan ini, secara tidak langsung kamu tetap fokus untuk menyelesaikan tugas sebelum beralih ke hal lain.

2. Hindari gangguan yang mengalihkan perhatian

Jika sudah fokus melakukan suatu pekerjaan, sudah seharusnya kamu akan menghindari hal-hal yang bisa mengalihkan perhatianmu. Karena itu akan membuat kehilangan fokus dan menghambat jalannya suatu pekerjaan. Salah satu yang biasa terjadi yaitu adanya notifikasi dari ponsel, itu akan mengganggu. Simpan dulu ponselmu dan kembali fokus mengerjakan tugas. Bagi orang yang tidak terbiasa, pada awalnya pasti menjadi sebuah tantangan, tetapi setelah beberapa kali melakukannya akan terasa lebih mudah.  

 3. Beri waktu jeda sebelum melakukannya kembali

Terakhir, kamu pasti butuh istirahat untuk merilekskan pikiran dan fisikmu. Berikan jeda setiap pekerjaanya, agar kamu tidak mengalami blank saat mengerjakan suatu tugas. Kamu bisa melakukan peregangan otot agar tidak keram dan pastinya jangan lupa untuk minum agar terhindar dehidrasi. Dengan begitu, kamu akan kembali mengerjakan tugas dengan tenaga yang sudah terisi kembali.

Itulah 3 tips melakukan multitasking untuk meningkatkan produktivitas. Semoga bermanfaat, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak