facebook

Patut Diperhatikan, Ini 4 Tanda Harus Istirahat Bermain Sosial Media

rohman why
Patut Diperhatikan, Ini 4 Tanda Harus Istirahat Bermain Sosial Media
ilustrasi gelisah.(pexels.com/ANTONI SHKRABA)

Saat ini teknologi berkembang dengan sangat cepat dan pesat, begitu pula dengan sosial media. Dari anak sekolah sampai dengan orang dewasa hampir setiap hari mengakses sosial media di gadget mereka di tangannya. Dari mulai Instagram, TikTok, Facebook, dan aplikasi lainnya ada di dalam handphone mereka. Semuannya bisa diakses dengan sangat mudah, asal ada kouta internet ataupun jaringan wifi untuk mengaksesnya.

Sosial media memang banyak sekali membawa manfaat dan fungsi lainnya, selain dapat menjalin silahturahmi dengan sahabat lama, keluarga yang jauh, atau kerabat yang sudah lama tidak bertemu bahkan tidak berkomunikasi, kita juga dapat menambah ilmu, wawasan, dan informasi penting dari sosial media. Namun ternyata ada juga banyak dampak negatif yang ditimbulkan dari sosial media, jika anda terlalu sering mengakses sosial media.

Berikut, 4 tanda Anda harus istirahat bermain sosial media

1. Lupa Waktu

ilustrasi membuka sosial media (pexels.com) Tracy Le Blanc
ilustrasi membuka sosial media (pexels.com) Tracy Le Blanc

Terkadang kita sering lupa waktu jika sudah membuka sosial media, niatnya mau membuka tab di mesin pencari Google untuk tugas sekolah dan pekerjaan, terus malah iseng buka sosial media, melihat postingan teman-teman yang ada di beranda sosial media, atau hanya sekedar memberikan komentar atau like dari postingan teman, terus lama-kelamaan lupa waktu sampai kelupaan untuk mengerjakan tugas sekolah maupun pekerjaan.

Maka dari itu anda harus sudah mencoba untuk berpuasa sosial media. Usahakan untuk mematikan handphone saat anda sedang sibuk bekerja ataupun sedang mengerjakan tugas sekolah.

2. Mulai Merasa Gelisah dan Kecewa

ilustrasi gelisah (pexels.com) Darina Belonogova
ilustrasi gelisah (pexels.com) Darina Belonogova

Jika anda sudah mulai merasa gelisah, kesal, risau, bahkan kecewa berlebihan karena tidak ada yang memberikan reaksi ketika anda memposting sesuatu di sosial media anda. Itu berarti anda sudah mulai kecanduan dan butuh pengakuan di dunia maya. Mungkin anda termasuk orang yang butuh eksis di dunia maya, dan merasa kecewa berlebihan jika tidak ada yang memberi respon ketika anda memposting sesuatu.

Anda butuh mengistirahatkan diri anda dari sosial media jika sudah mempunyai rasa seperti itu. Anda harus melakukan puasa sosial media minimal seminggu saja atau 2 hari saja. Untuk sementara waktu, anda dapat menghapus beberapa aplikasi sosial media anda. Untuk mengalihkan perhatian anda dari sosial media anda dapat mencoba dengan membaca buku, menulis, mendengarkan musik, atau bahkan mencoba hobi baru atau hal-hal baru yang belum anda lakukan.

3. Terlalu Sering Mengupdate Status di Sosial Media

ilustrasi mengupdate status di sosial media (pexels.com) Lisa Fotios
ilustrasi mengupdate status di sosial media (pexels.com) Lisa Fotios

Terkadang terlalu sering update status di sosial media menandakan kalau anda kesepian di dunia nyata anda lebih merasa nyaman di dunia maya. Anda menganggap akun sosial media adalah teman atau sahabat curhatan anda, orang yang melihat cerita keseharian anda seperti teman yang siap melihat keluh kesah anda, itu memang tidak buruk.

Tetapi alangkah baiknya dibatasi karena tidak semua hal bisa anda ceritakan atau dibagikan di sosial media, karena terkadang orang yang melihat kegiatan anda di sosial media tidak selalu peduli bahkan tidak peduli sama sekali terhadap anda, mereka hanya sekedar penasaran dan ingin tahu saja keadaan anda.

4. Tidak Mensyukuri atas Pencapaian Diri Sendiri

ilustrasi tidak mensyukuri pencapaian diri sendiri (pexels.com) Alex Green
ilustrasi tidak mensyukuri pencapaian diri sendiri (pexels.com) Alex Green

Terlalu sering melihat postingan orang lain, membuat anda merasa tidak puas bahkan overthinking dengan diri anda sendiri. Anda selalu saja membandingkan kehidupan anda dengan kehidupan orang lain yang ada di sosial media.

Satu hal yang perlu diketahui, bahwa tidak semua yang ada di sosial media adalah gambaran asli atau wujud asli seseorang di kehidupan nyata orang tersebut. Kalaupun itu adalah kehidupan nyata mereka, yang mereka bagikan di sosial media lantas membuat anda jadi tidak mensyukuri atas pencapaian diri anda sendiri, maka sudah saatnya anda menjauh untuk sementara waktu bermain sosial media.

Fokus kepada diri anda sendiri pencapaian anda itulah yang sangat penting, karena semua butuh proses dan proses seseorang sangatlah berbeda dengan orang lain. Maka dari itu, mulai dari sekarang belajar mensyukuri atas nikmat pencapaian anda sendiri, dan berhenti membanding-bandingkan diri anda dengan orang lain yang ada di sosial media.

Demikian, 4 tanda anda harus beristirahat dari sosial media jika mengalami hal tersebut segeralah melakukan berpuasa media sosial media, minimal 2 hari saja dan anda akan mendapatkan manfaatnya yang luar biasa. Semoga Bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak