facebook

4 Tips Mengatasi Reading Slump, Salah Satunya Ganti Genre Buku!

Monica Rini
4 Tips Mengatasi Reading Slump, Salah Satunya Ganti Genre Buku!
Ilustrasi Membaca (Freepik)

Urban dictionary mendefinisikan reading slump sebagai mimpi buruk bagi setiap pembaca. Kondisi ini terjadi saat pembaca tidak dapat membaca buku apapun. Pembaca seakan tidak berminat untuk membaca suatu buku, sekalipun buku itu merupakan buku favoritnya. Kesenangan yang selama ini muncul ketika membaca buku seolah hilang dan terasa tidak seperti biasanya. Kondisi ini merupakan sesuatu yang sangat wajar terjadi. 

Yuk, simak beberapa tips untuk membantu mengatasi fase reading slump

1. Mengganti genre buku 

Tips pertama yang dapat kamu coba untuk mengatasi reading slump adalah mengganti genre buku yang semula kamu minati. Jika kamu sering membaca buku fiksi, seperti novel-novel romantis, kamu bisa mulai membaca genre buku lain. Kamu bisa membaca buku non fiksi seperti biografi atau buku self improvement. Kamu juga bisa bertanya dengan temanmu mengenai rekomendasi buku yang cocok dibaca dan minta temanmu untuk mereview singkat tentang buku tersebut. Dengan cara ini, kamu mungkin saja menjadi tertarik untuk membaca buku hasil rekomendasi temanmu. 

2. Memvariasikan gaya membaca 

Jika kamu senang membaca buku non fiksi dan terbiasa membacanya secara berurutan dari halaman depan sampai akhir buku, maka kamu bisa mulai memvariasikannya. Caranya dengan membaca langsung bagian-bagian penting yang ingin kamu baca. Sebelumnya, kamu bisa memulai dengan membaca daftar isi pada buku. Kemudian, kamu bisa memilih bagian atau bab yang cukup menarik untuk kamu baca. 

3. Atur waktu membaca 

Cara ketiga yang dapat kamu lakukan adalah mengatur waktu untuk membaca. Kamu bisa mulai menyetel timer pada ponsel, setelah itu singkirkan hal-hal yang mendistraksimu. Kamu bisa mematikan notifikasi ponsel selama kamu membaca dan mulailah atur fokusmu. Melihat waktu yang berjalan mundur dan tersisa melalui timer ponselmu akan melahirkan stimulus untuk fokus dan memanfaatkan waktu yang tersisa untuk menyelesaikan kalimat demi kalimat dalam buku. 

4. Mencari suasana baru 

Tips keempat untuk mengatasi reading slump adalah mencari suasana baru ketika membaca buku. Jika sebelumnya kamu senang membaca buku di sudut kamarmu, maka kamu bisa mencari tempat baru. Taman kota bisa menjadi rekomendasi tempat yang baik untuk membaca. Udara segar dan pemandangan yang indah dapat membangun suasana hati yang baik pula, kan? So, kamu bisa mulai mencari suasana dan tempat ternyaman untuk membaca buku! 

Itulah beberapa tips untuk mengatasi reading slump. Kamu juga perlu menyadari bahwa reading slump merupakan fase yang normal terjadi. So, kamu hanya perlu waktu untuk mengatasinya! Tetap semangat, sobat! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak