facebook

4 Tanda Kamu Butuh segera Belanja, Jangan Pelit pada Diri Sendiri

Riva Khodijah
4 Tanda Kamu Butuh segera Belanja, Jangan Pelit pada Diri Sendiri
Ilustrasi belanja baju.[pexels.com/Arina Krasnikova]

Ada banyak orang yang kesulitan keuangan serta tidak punya tabungan akibat terlalu gemar belanja. Ya, belanja memang dapat menyebabkan seseorang kecanduan. Meski begitu, bukan berarti kamu jadi pelit ke diri sendiri.

Jika belanja berlebihan itu tidak baik, maka jarang banget membelanjakan uangmu untuk kebutuhan diri sendiri juga bukanlah perilaku patut ditiru. Berikut ada beberapa tanda kalau kamu sebenarnya sudah butuh segera belanja. Simak terus, ya, pembahasannya!

1. Pakaian yang kamu kenakan sehari-hari sudah berumur lebih dari satu dekade

Kalau pakaian yang kamu kenakan selama ini sudah berumur lebih dari satu dekade, itu tandanya kamu harus segera belanja. Boleh-boleh saja, lho, memperhatikan penampilan. Hal itu jadi wujud mencintai diri sendiri.

Selalu memakai baju yang sama dari tahun ke tahun dapat membuat orang mengira kamu selalu kesulitan keuangan, atau kamu tidak care terhadap diri sendiri. Lagipula, apa tidak bosan memakai baju yang itu-itu lagi?

2. Kamu sering tidak ikut acara kumpul-kumpul karena bajumu belum kering masih dicuci

Bukan bermaksud mendorongmu boros. Hanya saja, terlalu pelit pada diri sendiri itu tidak baik. Saking hematnya, sampai-sampai stok baju kamu pas-pasan. Padahal, sebenarnya kamu mampu untuk membelinya.

Saking sedikit stok baju yang dipunya, sampai-sampai kamu sering tidak ikutan acara kumpul bareng akibat bajumu masih dicuci. Sementara yang tinggal hanyalah baju rumahan. Itu tandanya kamu mesti beli baju baru, lho.

3. Kaki sering kotor saat hujan karena airnya menembuh sepatu

Kamu bahkan sudah lupa kapan terakhir membeli sepatu. Tidak heran sepatu yang dipakai solnya sudah sampai tipis dan bolong sana-sini. Kerasa banget waktu hujan. Kendati sudah pakai sepatu, tetap saja kakimu kotor karena airnya masuk ke dalam sepatu yang sudah bolong.

4. Tiap kali mau kondangan selalu pinjam tas

Kalau tiap kali kondangan selalu pinjam tas yang bagus ke teman-teman, itu tandanya kamu mesti beli sendiri. Jangan kebiasaan merepotkan orang lain, padahal sebenarnya kamu punya uang untuk beli.

Perilaku demikian menyebalkan, lho. Kamu lebih pilih berhemat tapi mengorbankan teman, daripada beli sendiri. Pelitnya sudah kebangetan kalau begitu.

Berhemat boleh, tapi jangan sampai pelit. Kalau sudah ada ciri-ciri tadi, maka mengindikasikan kalau kamu harus segera belanja!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak