facebook

5 Cara Mudah Mengeringkan Pakaian di Musim Hujan

Hafsah Azzahra
5 Cara Mudah Mengeringkan Pakaian di Musim Hujan
ilustrasi menjemur pakaian (Unsplash)

Sejak akhir tahun lalu, curah hujan di Indonesia masih tergolong tinggi. Intensitas hujan yang besar hampir terasa di seluruh kota di tanah air hampir setiap hari. Saat musim hujan tiba, mungkin kita akan senang karena cuaca yang sejuk akan terasa nyaman. Namun, di beberapa hal, kita juga harus mengantisipasi beberapa hal. Seperti misalnya, selalu sedia payung dan jas hujan, membersihkan rumah dari sisa air hujan di teras, hingga memperhatikan jemuran baju. 

Selain meningkatnya risiko kehujanan, mengeringkan jemuran di rumah selama musim hujan memang menjadi masalah bagi sebagian orang.

Berikut ada 5 tips cara mengeringkan baju selama musim hujan yang dirangkum dari rukita.

1. Mengeringkan Baju dengan Kipas Angin

Saat musim hujan, Anda tentu akan kesulitan untuk menjemur pakaian dengan cara seperti biasa. Selain karena cahaya matahari tertutup oleh awan mendung, hujan yang bisa turun sewaktu-waktu tentu membuatmu resah saat harus meninggalkan jemuran ketika keluar rumah.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa menjemur pakaian di dalam rumah. Asal menjemurnya dengan cara yang benar, pakaian bisa terhindar dari bau apek. Cara mudah yang bisa Anda lakukan adalah, jemurlah pakaian dengan posisi digantung dan menggunakan bantuan kipas angin. 

2. Manfaatkan Hairdryer

Tidak hanya bisa mengeringkan rambut yang basah, hairdryer juga bisa mengeringkan pakaian yang basah jika dalam keadaan darurat. Hanya dengan mengarahkan hairdryer pada pakaian basah yang ingin segera dipakai. Udara panas dari hairdryer bisa membantu mengeringkan pakaian lebih cepat.

3. Keringkan Baju dengan Setrika Berlapis Kain

Selain menggunakan kipas angin dan hairdryer, Anda juga bisa menggunakan bantuan setrika dengan dilapisi kain. Cara ini relatif lebih cepat untuk mengeringkan pakaian Anda.

Caranya juga cukup mudah, Anda hanya perlu melapisi pakaian setengah kering dengan kain yang cukup tebal agar tidak hangus, kemudian menyetrikalah seperti biasa.

4. Keringkan Baju dengan Panas Lampu

Tidak semua orang memiliki pengering mesin cuci atau elektronik yang disebutkan di atas untuk untuk mengeringkan pakaiannya di saat mendesak. Cara selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memeras cucian hingga benar-benar setengah kering. Kemudian gantungkan pakaian yang basah tepat di bawah sinar lampu. Cahaya lampu bohlam bisa menggantikan panas matahari agar pakaian Anda lebih cepat kering.

5. Pisahkan Pakaian Berbahan Ringan dan Berat

Trik yang tak kalah penting dari semua tips di atas adalah memisahkan pakaian berbahan berat dan ringan. Pakaian dengan bahan berat, misalnya: jeans atau handuk tebal. Pakaian dengan bahan berat akan lebih susah kering dibanding pakaian yang ringan. Dengan memisahkannya, proses pengeringan pun bisa berjalan maksimal karena bahan pakaian ringan tak bercampur dengan air dari pakaian yang sulit kering.

Itu dari 5 tips cara mengeringkan pakaian di musim hujan yang bisa Anda coba di rumah. Semoga membantu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak