facebook

Jangan Overthinking! 5 Cara Membangun Kepercayaan dalam Hubungan

Elora Maulina
Jangan Overthinking! 5 Cara Membangun Kepercayaan dalam Hubungan
Ilustrasi Pasangan [pexels]

Kepercayaan adalah kata yang halus namun ajaib dalam hubungan. Jika Anda bisa belajar memercayai pasangan Anda, Anda akan memiliki kekasih, sahabat, dan orang kepercayaan sekaligus. Tapi, pertama-tama, Anda perlu tahu bagaimana membangun kepercayaan dalam suatu hubungan.

Kepercayaan dapat melakukan begitu banyak hal bahagia untuk suatu hubungan. Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah membawa Anda berdua lebih dekat, menghindari rasa sakit dan sakit hati. Itu bisa membuat Anda semakin jatuh cinta satu sama lain setiap hari.

Masalahnya adalah, jika Anda pernah disakiti hanya sekali di masa lalu, Anda dapat dengan mudah mulai mengembangkan masalah kepercayaan yang dapat mengganggu hubungan Anda sejak saat itu dan seterusnya. Dengan mempelajari cara membangun kepercayaan dan fokus pada koneksi yang sehat, hubungan Anda memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk melangkah jauh.

Kepercayaan sangat penting

Tanpa kepercayaan, seluruh hubungan pasti akan gagal. Anda akan terus-menerus menanyai pasangan Anda tentang di mana mereka berada atau siapa yang mereka kirimi SMS. Setelah Anda melakukannya, Anda mulai meragukan jawaban mereka juga. Ini adalah lereng licin yang mengarah pada kesengsaraan dan kehancuran total hubungan Anda dari waktu ke waktu.

Ketika Anda belajar bagaimana membangun kepercayaan dalam suatu hubungan, Anda merasa lebih santai. Anda juga merasa istimewa. Anda tahu orang ini telah memilih Anda dan mereka berkomitmen pada Anda. Bukankah itu perasaan yang hebat?

Gunakan langkah-langkah ini untuk membangun kepercayaan dalam suatu hubungan dan itu akan sangat membantu menciptakan persatuan yang bahagia.

1. Bicara tentang jangka panjang

Apakah Anda mencari hubungan yang serius dengan kekasih Anda? Jika ya, Anda jelas haru memikirkan hubungan dalam jangka panjang. Jadi buatlah rencana untuk itu juga. Bicara tentang membangun rumah yang lebih besar, memiliki hewan peliharaan, atau bagaimana hidup Anda berdua sepuluh atau dua puluh tahun dari sekarang.

Dengan berbicara tentang masa depan, Anda meyakinkan pasangan Anda bahwa Anda benar-benar ingin bersama mereka dan melihat mereka dalam hidup Anda bahkan ketika tahun dan dekade berlalu.

2. Dapat diandalkan

Dapat diandalkan adalah salah satu faktor terbesar dalam mengetahui bagaimana membangun kepercayaan dalam suatu hubungan. Jika pasangan Anda meminta Anda untuk mendapatkan sesuatu dalam perjalanan kembali ke tempat Anda, apakah Anda mendapatkannya atau apakah Anda melupakannya?

Itu bisa menjadi hal-hal kecil atau bisa menjadi yang besar, tetapi jika Anda bisa diandalkan, itu membuat semua perbedaan dalam hubungan yang bahagia.

3. Bicara tentang orang-orang yang menurut Anda menarik

Ini mungkin tampak canggung dan aneh, tetapi ini adalah salah satu faktor terbesar dalam membangun kepercayaan dalam suatu hubungan. Salah satu rasa tidak aman terbesar dalam suatu hubungan adalah ketakutan pasangan menyimpang ke pelukan orang lain atau menyukai orang lain secara diam-diam.

Tetapi dengan benar-benar mengakui bahwa salah satu dari Anda dapat menemukan orang lain yang menarik, Anda tidak membuatnya tabu lagi. Dan dengan bersikap jujur tentang hal itu, Anda dapat membangun kepercayaan dalam hubungan dan juga meningkatkan komunikasi.

4. Pahami satu sama lain saat Anda berubah dan tumbuh

Suka dan tidak suka kita berubah setiap saat. Bicaralah dengan pasangan Anda tentang minat dan impian masing-masing, apa yang ingin Anda berdua lakukan beberapa tahun ke depan, dan ke mana Anda berdua harus pergi berlibur di waktu berikutnya.

Tanyakan tentang hari pasangan Anda di tempat kerja, dan cari tahu tentang teman-teman mereka dan semua detail kecil lainnya. Ketika Anda menunjukkan minat pada kehidupan satu sama lain, Anda memahami satu sama lain dengan lebih baik, meningkatkan komunikasi, dan dengan mudah membangun kepercayaan dalam suatu hubungan. 

5. Belajarlah untuk jujur dalam cinta

Belajar untuk mempercayai satu sama lain atau bahkan berkomunikasi bukan hanya tentang berbicara satu sama lain atau tertawa. Ini juga tentang mengungkapkan pendapat negatif sesekali bahkan jika itu terdengar kasar.

Menahan rasa frustrasi Anda tidak akan menghentikan pasangan Anda untuk melakukan hal yang sama lagi. Jika ada sesuatu yang menyakiti Anda atau menghalangi pasangan Anda untuk mencapai sesuatu yang lebih baik, bicarakanlah saat waktunya tepat.

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan pasangan adalah mengharapkan pasangannya membaca pikiran mereka.

Ya, Anda sudah bersama untuk waktu yang lama, tetapi itu bukan alasan untuk menjadi pembaca pikiran. Bahkan kekasih terbaik pun terkadang mengabaikan beberapa detail. Jadi, jika ada sesuatu yang mengganggu Anda, belajarlah untuk berbicara langsung saat itu mengganggu Anda.

Mengetahui bagaimana membangun kepercayaan dalam suatu hubungan bukanlah prestasi kecil, tetapi sesuatu yang dapat membuat hidup Anda lebih bahagia dan bebas stres. Berikan tanggapan Anda di kolom komentar ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak