facebook

6 Tips Merapikan Meja Belajar, Bangun Kondisi Lingkungan yang Nyaman

Rizky Melinda Sari
6 Tips Merapikan Meja Belajar, Bangun Kondisi Lingkungan yang Nyaman
Ilusrasi meja belajar (pexels)

Ada yang sering malas membereskan meja belajar? Meja belajar adalah salah satu hal penting yang dapat menunjang keberhasilan kita saat sedang belajar. Kondisi meja belajar yang berantakan dapat membuat mood serta semangat kita untuk belajar jadi menurun.

Penting bagi para pelajar untuk membereskan meja belajar mereka. Selain membuat tampilan lebih rapi dan sedap dipandang, perasaan nyaman ketika belajar di tempat yang bersih dan rapi juga dapat membuat kita lebih mudah fokus dalam menyerap pelajaran. 

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukanuntuk merapikan meja belajar agar kegiatan belajar kita menjadi lebih nyaman dan efektif.

1. Sediakan tempat sampah mini

Usahakan agar kondisi meja belajar bebas dari sampah apa pun, terutama kertas dan bungkus snack. Kita bisa menyediakan tempat sampah mini di atas meja belajar. Apalagi sekarang ini ada banyak sekali rekomendasi tempat sampah mini dengan berbagai bentuk dan ukuran yang lucu.

2. Singkirkan barang yang tidak berhubungan

Kondisikan barang-barang yang ada di atas meja memang berhubungan dengan proses belajar kita. Singkirkan barang yang tidak berhubungan, seperti misalnya skincare atau tumpukan baju. Hal ini agar space untuk belajar lebih besar.

3. Sediakan timer untuk belajar

Salah satu teknik yang bisa digunakan dalam belajar adalah teknik pomodoro. Benda yang diperlukan untuk menerapkan teknik ini adalah timer. Kita bisa menyediakan timer mini di meja belajar agar kegiatan belajar kita lebih terstruktur dan disiplin.

4. Lengkapi perlengkapan belajar

Salah satu hal yang dapat membuat semangat belajar menurun adalah karena kurangnya sarana dan prasarana yang kita perlukan. Kita bisa mengatasinya dengan melengkapi segala keperluan yang mungkin kita butuhkan saat belajar, seperti alat tulis, buku, jurnal, dan lain sebagainya.

5. Tambahkan lilin aromaterapi

Lilin aromaterapi dapat dijadikan salah satu alternatif agar kita merasa rileks dan tenang saat belajar. Pilih aroma yang kita sukai. Selain berfungsi sebagai penenang dan pengharum ruangan, lilin aromaterapi juga bisa menjadi hiasan estetik yang mempercantik meja belajar kita.

6. Buat tabel jadwal di dekat meja belajar

Agar kegiatan belajar kita jadi lebih teratur dan terstruktur, kita bisa membuat jadwal belajar dan menempelkannya di atas meja belajar. Kita juga bisa menambahkan kata-kata penyemangat dan foto-foto idola agar kita semakin semangat saat belajar.

Itulah 6 tips yang bisa kamu lakukan saat merapikan meja belajar agar kegiatan belajar kita jadi lebih efektif dan maksimal. Jangan malas untuk merapikan meja belajar karena lingkungan yang nyaman merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam belajar. Semangat belajar!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak