facebook

Wajib Tahu! Ini 5 Skill yang Harus Dikuasai Jika Ingin Bisnis Kuliner

Zulfah Ariyani
Wajib Tahu! Ini 5 Skill yang Harus Dikuasai Jika Ingin Bisnis Kuliner
Ilustrasi memasak. (Pexels/Elle Hughes)

Bisnis di dunia kuliner kini semakin diminati. Sama seperti bisnis yang lainnya, jika kamu memutuskan terjun ke dunia kuliner maka kamu perlu menguasai beberapa skill.

Karena jika kamu hanya mengandalkan modal yang besar dan cita rasa makanan yang lezat tak akan cukup. Perlu juga adanya strategi pemasaran dan yang lainnya agar bisnis kulinermu diminati banyak orang. 

Berikut 5 skill yang harus kamu kuasai jika ingin terjun ke dunia bisnis kuliner.

1. Memahami Jenis Produk yang Dijual

Hal pertama yang harus kamu kuasai adalah tentang pengetahuan makanan atau minuman yang kamu jual. Kamu perlu memahami bahan dasar dari makanan yang kamu jual, cara meraciknya dan semua hal tentang produk yang kamu jual.

Jika makanan atau minuman tersebut merupakan hasil buatanmu sendiri, tentu kamu tak akan kesusahan. Namun, jika kamu memilih usaha franchise, maka tak ada salahnya kamu mempelajarinya. Kamu tak perlu sampai bisa mahir menyiapkannya, setidaknya kamu mengetahui caranya.

2. Skill Komunikasi

Skill komunikasi penting untuk kamu kuasai jika ingin bisnismu berjalan lancar. Kamu perlu menguasai skill komunikasi baik dengan karyawan ataupun konsumen.

Belajarlah bagaimana caranya berkomunikasi dengan baik, agar mereka menjadi nyaman dan dapat menjadi partner kerjamu yang kooperatif.  Bangun juga komunikasi yang baik dengan konsumen, agar para konsumen dapat menjadi pelanggan tetapmu.

3. Skill Manajemen Bisnis

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang memiliki persaingaan cukup sengit. Jika kamu salah dalam menentukan langkah dan trik manajemen maka kamu akan tertinggal jauh.

Oleh karena itu, kamu sebagai pelaku bisnis harus menguasai kemampuan dalam hal manajemen bisnis. Kamu harus dapat menganalisis selera pasar, strategi kompetitor, hingga bagaimana marketing plan yang bakal kamu lancarkan. 

4. Time Management

Time management juga sangat diperlukan dalam dunia kuliner. Konsumen tentu akan lebih memilih tempat makan yang cepat dalam penyajian makanan. Terkadang karena pesanan yang datang cukup banyak, terutama pada jam makan maka akan membuat kewalahan

. Namun, dengan time management yang baik, kamu dan tim dapat menyajikan hidangan tepat waktu dan tak membuat konsumen kecewa.

5. Problem Solving

Sebagai pelaku bisnis, kamu juga perlu menguasai skill problem solving. Hal ini sangat bermanfaat apabila ada konsumen yang merasa kecewa dengan pelayanan di tempatmu. Tak hanya itu, kamu juga bisa menyelesaikan setiap masalah yang kamu hadapi dalam bisnis kulinermu. Sehingga kamu dapat menjadi atasan yang bisa diandalkan.

Memulai suatu bisnis memang bukanlah hal yang mudah. Namun, jika kamu menguasai 5 skill memulai bisnis tersebut, maka kamu akan dapat membangun bisnis dengan mudah. Semangat ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak