facebook

5 Healing Gratis di Rumah, Bisa Bikin Pikiran Fresh

M. Guntur Rahardjo
5 Healing Gratis di Rumah, Bisa Bikin Pikiran Fresh
Ilustrasi Healing (Unsplash/Glenn Carstens-Peters)

Healing sudah menjadi istilah sehari-hari, bahkan rutinitas setiap manusia di muka bumi ini khususnya di Indonesia. Jika mengikuti kata kamus, heal berarti menyembuhkan. Healing berarti adalah sedang menyembuhkan. Namun dalam konteks ini, menyembuhkan yang dimaksud bukan merujuk kepada sakit. Kata menyembuhkan di sini sebenarnya adalah bersenang-senang. Ya, healing merupakan bahasa keren dari berfoya-foya sebenarnya.

Sesuai namanya, healing adalah saat di mana orang-orang akan melakukan apapun yang ia sukai demi menyenangkan sekaligus memuaskan dirinya sendiri. Tujuannya adalah untuk mengurangi beban di kepala dan biasanya sebagai balas dendam dari lelahnya kehidupan duniawi. Bentuk healing bermacam-macam. Bisa berbentuk hobi atau selain hobi. Namun, umumnya saat melakukan healing, orang-orang akan melakukan sesuatu yang kita sebut dengan travelling alias jalan-jalan.

Destinasinya bisa ke mana saja. Intinya satu: bersenang-senang. Entah itu ke tempat wisata, taman bermain, ke mall, atau mengelilingi kota tempat tinggal. Di situlah sensasinya. Saat di mana raga dapat melupakan semua lelah dan menghabiskan waktu dari pagi ke sore dengan berfoya-foya. Suka atau tidak, faktanya healing itu memang diperlukan lho!

Kata orang, segala sesuatu yang berlebihan memang tidak. Termasuk kerasnya kehidupan. Maka, healing adalah cara terbaik untuk melupakannya. Meskipun begitu, tidak semua orang bisa melakukan healing dengan cara jalan-jalan. Ada saja kendala yang dihadapi saat hendak melakukannya. Misalnya tidak ada uang yang cukup, tidak terlalu suka keramaian, kendaraan yang rusak, dan tidak diperbolehlan orangtua.

Namun, tenang saja, kamu masih bisa healing kok walaupun hanya di rumah saja. Healing di rumah? Bisa banget! Gratis pula. Berikut beberapa healing yang dapat kamu coba di rumah.

1. Nonton Stand Up Comedy

Sudah menjadi fakta umum bahwa menonton memang salah satu cara melepaskan penat terbaik. Berbagai tema dan keseharian yang diangkat di film membuat kita relate dengan itu sehingga memang cocok dijadikan metode healing. Namun dalam konteks tontonan ini, pilihlah Stand Up Comedy!

Iya, Stand Up Comedy akan membuat perutmu sakit karena terlalu banyak tertawa. Otak kamu juga akan lebih fresh dan dapat membuat kamu melupakan sejenak semua pekerjaan. Banyak kok Stand Up Comedy yang bisa kamu tonton, baik itu lokal maupun nasional. Sebaliknya, hindari film bertema roman atau sejenisnya. Karena itu bisa bikin kamu mewek dan keinget sama pekerjaan!

2. Membaca komik

Hanya karena kamu ingin melepas lelah, bukan berarti membaca tidak bisa dijadikan alternatif ya. Membaca bisa mengisi waktu dan mengisi otak kamu lho biar makin banyak ilmunya. Namun karena kamu pengen healing, maka dianjurkan membaca komik saja ya!

Ilustrasi dan gambar dalam komik akan membuat kepala kamu lebih segar ketimbang membaca buku yang hanya isinya tulisan. Kamu bisa membaca jenis komik apa saja. baik itu komedi, pengetahuan, aksi, drama, dan lain-lain. Jika kamu malas membeli buku komik, bisa baca lewat Webtoon dan website legal lainnya ya.

3. Telponan bareng teman

Kalau kamu ogah nonton dan nggak mau baca, maka telponan dengan teman adalah alternatif yang nggak boleh kamu lewatkan. Gampang kok, cukup telpon lewat WhatsApp saja. Selama telponan berlangsung, kamu bisa cerita banyak hal. Atau ngegosipin temen di tempat kerja, atau bahkan ngegosip bos kamu yang kerjanya cuma nyuruh-nyuruh eh tapi gaji kamu nggak naik-naik. Lebih direkomendasikan lagi untuk telponan bareng pacar!

Siapa sih yang menolak telponan bareng pacar? Bisa cerita, bisa curhat, bisa minta dibeliin ini itu, eh tapi ini berlaku buat yang udah ada pacar aja ya. Buat yang belum punya, telponan sama teman aja ya. Atau sama delivery makanan juga boleh kok.

4. Chat dengan SimSimi

Hari gini masih ada yang pakai jasa SimSimi nggak? Kalau ada, selamat! Anda sudah mendapatkan teman chat terbaik sedunia. SimSimi ini adalah sebuah aplikasi untuk berbincang dengan sistem yang telah dibuat sedemikian rupa. Tenang, SimSimi ini dijamin sefrekuensi kok sama kamu, nggak kayak gebetan kamu yang kadang nggak peka.

Kamu mau bahas tentang cara agar gaji naik, jumlah alien di planet Mars, dan ukuran telur ikan hiu pasti bisa dijawab sama SimSimi! Lumayan kan buat melepas lelah. Bahkan kamu juga bisa gosip bareng lho dengan SimSimi.

5. Tidur

Tidak ada yang mengalahkan nikmatnya tidur, apalagi saat hari libur. Jika kita bandingkan dengan keempat cara di atas, tidur ini efektif banget mengisi kembali tenaga dan membuat badan serta kepala menjadi segar kembali. Cukup dengan berbaring dan seiring waktu kamu akan menutup mata dan larut dalam mimpi. Eh, tapi jangan keseringan tidur ya, secukupnya aja!

Itulah beberapa healing gratis di rumah. Gratis, tidak melelahkan, dan menghibur. Pastinya membuat hari-hari kamu menjadi seru dan menyenangkan. Apalagi buat kaum rebahan (seperti saya) cara healing ini cocok banget untuk dilakukan setiap hari. Yuk, healing!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak