facebook

3 Alasan Orang Suka Menyendiri, Apakah Kamu Termasuk?

Aqil Husein Almanuri
3 Alasan Orang Suka Menyendiri, Apakah Kamu Termasuk?
Ilustrasi orang menyendiri (Pexels/Wicliff Tadheu)

Barangkali banyak yang beranggapan, menyendiri adalah hal paling membosankan. Namun, sebenarnya itu merupakan argumen yang tidak selamanya benar. Ada beberapa orang yang mengartikan kesendirian sebagai kepuasan batin yang hakiki. Bahkan, mereka merasa terganggu jika berada dalam keramaian.

Tentu mereka punya alasan mengapa sifat itu bisa menjadi kecenderungan. Para kaum introvert ini biasanya memiliki rekam jejak yang membuat mereka akhirnya menjadi penyendiri. Alasannya beragam, mulai dari yang biasa-biasa saja sampai dengan alasan yang menyedihkan. 

Berikut telah saya rangkum 3 alasan kenapa beberapa dari mereka suka menjadi penyendiri.

1. Mencari Kedamaian

Pernah mengalami lelah batin (hati dan pikiran)? Saya yakin semua orang yang bisa berpikir normal sudah pernah mengalaminya. Mungkin, pernah juga berada dalam kesibukan yang ekstra dan pikiran kacau semraut.

Nah, mereka biasanya secara otomatis akan berusaha mencari ketenangan untuk mengistirahatkan batinnya. Beberapa dari mereka mungkin akan mencari hiburan dengan rekreasi atau berkunjung ke tempat-tempat yang menenangkan. Namun, beberapa lainnya justru menjadikan kesendirian sebagai upaya mencari ketenangan tersebut. Misal: cukup berbaring di tempat tidur dan menyetel beberapa lagunya Bruno Mars yang ber-aransemen mellow. Cukup pejamkan mata, mari istirahatkan batin kita! Begitu kira-kira. 

2. Fobia Keramaian

Fobia merupakan suatu ketakutan seseorang terhadap suatu hal, misal keramaian. Sebagaimana dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dijelaskan, fobia merupakan ketakutan terhadap benda atau hal tetentu yang bisa menghambat kehidupan penderitanya.

Memang cukup aneh kedengarannya tapi nyata adanya, sebagian orang ini mengalami fobia tersebut. Sehingga mereka akan cenderung menghindari hal-hal yang berbau keramaian dan merasa damai dengan kesendirian.

3. Mengalami Traumatis

Tak semuanya orang yang hidup di dunia mengalami nasib sama. Beberapa dari mereka kadang mengalami goncangan batin dengan trauma yang dideritanya.

Mereka yang pernah mengalami pelecehan, bully, dan lainnya terkadang akan mengurung diri dan tidak ingin bertemu siapa-siapa. Jangankan berada dalam keramaian, bertemu satu orang saja susah. Walhasil, trauma itu membuat mereka menjadi introvert dan penyendiri. Wallahu a'lam...

Itulah beberapa alasan orang suka menyendiri. Apakah kamu termasuk?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak