facebook

5 Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan Orang Indonesia, Datang Telat!

Riva Khodijah
5 Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan Orang Indonesia, Datang Telat!
Ilustrasi kesal menunggu (pexels.com/THIS IS ZUN)

Setiap wilayah memiliki kebiasaannya masing-masing. Ada kebiasaan yang baik, ada pula yang buruk. Nah, untuk kali ini akan dibahas mengenai kebiasaan buruk apa saja yang sering dilakukan orang Indonesia. Simak terus, yuk!

1. Kebiasaan merokok

Kebiasaan buruk pertama yang sangat umum dilakukan oleh orang Indonesia adalah merokok. Rasa-rasanya mencari sosok pria bukan perokok sulit sekali karena hampir semua lelaki terbiasa untuk merokok. Meskipun wanita pun tak lupus dari kebiasaan satu ini.

Yang memprihatinkan, saat ini kita sering jumpai anak-anak dan remaja pun sudah merokok. Padahal, dampak rokok gak main-main. Gak hanya merusak kesehatan, tapi juga kantong.

2. Malas jalan kaki

Kebiasaan buruk selanjutnya yang kerap dilakukan orang Indonesia adalah malas jalan kaki. Terutama setelah penggunaan motor yang sangat marak. Ke mana-mana selalu menggunakan motor meskipun jaraknya dekat.

Padahal, jalan kaki bisa menjaga tubuh tetap aktif, lho. Tubuh yang aktif akan lebih sehat dibanding tubuh yang jarang dibawa gerak.

3. Buang sampah sembarangan

Nah, ‘penyakit’ satu ini masih saja sulit diberantas. Masih banyak banget masyarakat yang gak sadar untuk membuang sampah di tempatnya.

Yang bikin miris, terkadang turis asing jauh lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan Indonesia dibanding warganya sendiri. Mulai sekarang, yuk, cepat sadar untuk selalu membuang sampah di tempatnya, ya.

4. Gak menggunakan helm saat mengendarai motor

Tentu ada alasan kenapa helm diciptakan dan diatur supaya pengendara motor menggunakannya. Sayangnya, meski semua orang tahu kalau helm untuk melindungi diri dari kemungkinan kecelakaan, tapi tetap saja gak digunakan.

Kalau melihat polisi baru deh helmnya dipasang. Padahal, yang namanya kejadian tak terduga gak memandang apakah sedang ada polisi atau enggak.

5. Datang telat

Kebiasaan buruk selanjutnya yang mesti dibenahi, adalah kalau datang suka telat. Janjian jam delapan, baru berangkat dari rumahnya jam delapan. Saat ditanya, jawabannya “Lagi otw”. Padahal kenyataannya baru juga keluar rumah.

Nah, itu dia beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan orang Indonesia. Mulai sekarang sebaiknya kebiasaan tersebut dihilangkan, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak