facebook

4 Cara Menyikapi Kekurangan Uang di Pertengahan Bulan, Pernah Mengalaminya?

Mutami Matul Istiqomah
4 Cara Menyikapi Kekurangan Uang di Pertengahan Bulan, Pernah Mengalaminya?
Ilustrasi mengelola uang (Freepik.com/wirestock)

Harga kebutuhan pokok yang kian meroket yang tidak disertai dengan meroketnya pendapatan manusia, membuat pertengahan bulan terasa seperti tanggal tua. Hal tersebut lumrah dialami oleh setiap kalangan. Baik yang masih bujangan maupun yang sudah memiliki keluarga sendiri.

Keuangan yang sempit di pertengahan bulan harus disuguhi dengan solusi yang dilakukan dengan sungguh-sungguh. Tidak bisa jika sekadar berpangku tangan dan menunggu Kuasa Tuhan. Sebagai manusia, kita juga harus berusaha mendapatkan kebutuhan kita. 

Lalu, bagaimana cara menyikapi minim uang di pertengahan bulan?

1. Menghemat pengeluaran

Hal pertama dan paling sederhana adalah dengan berhemat. Berhemat dilakukan dalam banyak hal. Mulai dari menghemat pengeluaran, bijak memilah kebutuhan dan berusaha hidup se fleksibel mungkin. 

Penghematan yang berhasil bisa mengulur waktu habis uang sehari menjadi dua atau tiga hari. Hal tersebut jika dilakukan terus menerus akan membuat banyak hari terlewati. 

Kini, banyak orang yang berprinsip 'tidak mengapa hidup hemat dan seadanya asal tidak punya hutang' hal tersebut memang benar adanya. 

2. Mencari pekerjaan sampingan

Pekerjaan sampingan juga harus segera kamu temukan ketia keuangan sudah mulai menunjukkan tanda tanya. 

Jangan gengsi untuk melakukan apapun asal pekerjaan itu halal dan tidak merugikan orang lain. Bodo amat ketika orang lain berusaha untuk merendahkan. 

Yang paling penting adalah kebutuhan bisa tercukupi sampai akhir bulan. 

3. Mencari bantuan

Ketika berhemat dan pekerjaan sampingan tidak cukup membantu, maka cobalah untuk meminta bantuan kepada orang terdekat. Misalnya teman atau kerabat.

Jangan sampai kamu meminjam uang kepada orang tua, pun jangan terkecoh meminta bantuan kepada koperasi atau pinjaman online. Kamu harus mempertimbangkan bunga dan jangka waktu yang kadang terasa tidak masuk akal. 

4. Mengelola pinjaman dengan baik

Uang yang kamu pinjam dari orang lain, gunakan dengan bijak dan penuh tanggung jawab. Jangan sampai karena berhasil mendapat pinjaman, kamu langsung berfoya-foya. 

Kalau uang hasil pinjam sudah habis, kamu mau melakukan apa? Jangan pernah mengandalkan untuk pinjam kepada orang lain lagi. Karena mereka belum tentu ada dan mau meminjamkannya kepadamu. 

Itu dia 4 cara menyikapi kekurangan uang di pertengahan bulan. Kamu harus bijak dalam mengelola uang, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak