facebook

5 Hal yang Disembunyikan Orang Tua Kepada Anaknya

Mutami Matul Istiqomah
5 Hal yang Disembunyikan Orang Tua Kepada Anaknya
Ilustrasi orang tua dan anak (Freepik.com)

Orang tua merupakan tempat terbaik untuk anaknya. Orang tua tampak selalu bahagia dan sempurna di mata anak. Namun, banyak hal yang sebenarnya orang tua sembunyikan dalam dirinya sendiri.

Jika dibicarakan hal tersebut tampak seperti egois, namun jangan salah paham karena semua hal yang disembunyikan sebenarnya adalah demi bahagia dan kebaikanmu sendiri. 

Lalu, apa saja hal yang biasanya disembunyikan orang tua kepada anaknya?

1. Masalah keuangan

Meskipun dalam keadaan keuangan yang porak poranda, orang tua akan berusaha nampak baik dan tetap menjadi idola untuk anaknya. Sebisa mungkin, mereka akan selalu menuruti kemauan anak dan mengusahakannya untuk ada.

Apalagi dalam hal pendidikan. Tidak peduli berapa kebutuhan anak, orang tua akan berusaha sampai uangnya ada. Entah itu dengan menjual sebidang tanah maupun mencari pinjaman kepada tetangga. 

Orang tua akan menyembunyikan itu dari hadapanmu. Yang kamu tahu, kamu ingin sesuatu dan bisa kamu mendapatkannya saat itu. 

2. Masalah dengan pasangan

Ayah dan ibumu berusaha sekuat tenaga untuk meredam kemarahan ketika ada kamu di sisi mereka. Mereka selalu ingin menjadi orang tua yang kompak dan membuat bahagiamu terasa lengkap. 

Tidak mudah untuk menyeka air mata setelah bertengkar, namun senyum dan pelukan seorang anak adalah sumber kekuatan yang bisa menampik kemustahilan. 

Kamu mungkin tidak tahu betul, kapan ayah dan ibumu bertengkar. Dalam pandanganmu, mereka adalah pasangan idola terhebat yang pernah ada. 

3. Kecemasan

Menjadi orang tua selalu dihiasi dengan rasa cemas. Ketika kamu bayi, orang tua sering mencemaskan pertumbuhanmu. Ketika kamu mulai bersekolah, orang tua dengan berat hati berusaha menjadikanmu lebih mandiri. 

Ketika kamu memiliki kekasih, orang tua berusaha untuk menjagamu setengah mati. Apakah setelahnya berhenti? Tidak. Kecemasan orang tua akan selalu ada meskipun anaknya sudah berumah tangga sekalipun. 

Kecemasan tersebut dilandasi rasa khawatir orang tua kalau anaknya tidak mendapatkan kehidupan yang layak. Mereka akan terus menjadikanmu prioritas meskipun kamu sudah memiliki keluarga sendiri. 

4. Lelah

Perasaan lelah juga salah satu perasaan yang disembunyikan oleh orang tua kepada anaknya. Ketika orang tua lelah telah bekerja, dia berusaha untuk tetap prima dalam menghabiskan waktunya bersamamu. 

Meskipun mereka lelah bekerja, mereka akan menutupnya dengan senyum bahagia karena melihatmu tumbuh menjadi seorang anak yang cerdas dan membuat mereka bangga. 

Ketika mereka sampai di hari tua, mereka akan tetap bekerja dengan alasan sudah terbiasa bekerja. Padahal yang ada mereka hanya tidak ingin menjadi beban untuk anak-anaknya. Mereka lelah, namun tidak akan pernah menunjukkannya. 

5. Kecewa

Tidak dipungkiri, setiap manusia bisa merasa kecewa. Termasuk orang tua kita sendiri. Seringkali kita gagal dalam banyak hal, dan mereka terus saja mengatakan 'tidak apa-apa'. 

Memang mereka tidak menganggap hal itu sebagai beban atau perasaan yang harus diungkapkan. Mereka merasa kecewa, tapi tidak mereka tunjukkan. Semua orang tidak ada yang sempurna, dan mereka memposisikan hal yang serupa kepada anaknya. 

Itu dia 5 hal yang disembunyikan orang tua dari hadapan anak. Mungkin kamu belum bisa memahaminya saat ini, tapi ketika kamu sudah menjadi orang tua, kamu akan memahaminya sendiri. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak