facebook

3 Tanda Seseorang sedang Kesepian, Kamu Salah Satunya?

Rizky Melinda Sari
3 Tanda Seseorang sedang Kesepian, Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi kesepian (Pexels/mikoto.raw Photographer)

Sepertinya setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya kesepian. Perasaan sepi yang menyergap ketika sedang sendiri, akan membuat kita merasa gelisah, tidak dibutuhkan, dan perasaan tidak nyaman lainnya.

Kesepian dapat menghampiri siapa saja, tanpa kenal waktu dan tempat. Ada yang merasa kesepian padahal sedang berada di tempat yang ramai dan banyak orang. Penyebab kesepian pun ada berbagai macam, salah satunya perasaan tidak percaya diri untuk memulai hubungan, rendahnya minat untuk bersosialisasi, hingga trauma akibat masa lalu.

Orang yang sedang mengalami kesepian dapat terlihat dari perilaku dan ciri-ciri yang ditampilkannya. Berikut ini adalah beberapa ciri atau tanda yang menunjukkan bahwa seseorang sedang mengalami kesepian. Yuk, disimak.

1. Tidak sabaran dan cepat bosan

Perasaan sepi dapat membuat seseorang menjadi lebih sensitif dan peka. Ketika disuruh untuk menunggu sesuatu misalnya, dia cenderung menjadi tidak sabaran dan cepat bosan. Hal dapat terjadi mungkin karena perasaan hampa dan kosong yang dirasakan ketika sedang menunggu.

Kesepian juga identik dengan rasa bosan. Seseorang yang merasa sepi mungkin bingung harus melakukan aktivitas apa. Seseorang yang sendirian masih bisa menikmati waktunya, seperti refreshing dengan melakukan hobi, sedangkan orang yang kesepian cenderung tidak memiliki kegiatan yang berarti.

2. Merasa cepat putus asa

Ciri lainnya yang menandakan seseorang sedang kesepian adalah merasa cepat putus asa. Seakan apapun yang dia lakukan akan berahir tidak baik dan hanya membuat kacau. Perasaan kesepian akan menyergap dan mengurung seseorang dalam sebuah kondisi yang serba tidak baik.

Kesepian cenderung memberikan kesempatan untuk berpikir terlalu jauh, atau bahasa masa kininya adalah overthinking. Perasaan ini akan membuat seseorang mudah sekali untuk menyerah dan berputus asa dalam menjalani hidup.

3. Sering bersedih dan muram

Kesepian identik dengan kekosongan, kehampaan, dan perasaan negatif serta tidak menyenangkan lainnya. Orang yang kesepian akan mudah sekali merasa sedih tanpa alasan yang wajar. Kebiasaan memendam sesuatu seorang diri ketika sedang merasa sepi memperparah perasaan sedih yang dialami.

Perasaan sedih ketika sedang kesepian juga dapat timbul dari perasaan tidak diinginkan dan ditinggalkan begitu saja oleh orang-orang. Seakan kehadirannya di dunia ini sama sekali tidak memberikan pengaruh atau kontribusi yang berarti.

Itulah tiga ciri-ciri atau tanda yang menunjukkan seseorang sedang mengalami kesepian. Jika saat ini kamu sedang terjebak dalam rasa sepi, segera cari jalan keluarnya, bertemanlah dengan orang lain, bangun hubungan yang suportif dan sehat. Jangan biarkan rasa sepi membunuhmu perlahan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak