facebook

4 Cara Mengenali Toxic People, Cermati 5 Karakter Ini!

Latifah ..
4 Cara Mengenali Toxic People, Cermati 5 Karakter Ini!
Ilustrasi teman yang kesal (pexels.com/cottonbro)

Setiap saat pasti kamu akan menemukan orang toksik. Baik itu di dalam hubungan asmara, pertemanan, atau bahkan keluarga sendiri.

Menghadapi orang toksik seperti ini sebaiknya memang menjaga jarak. Sayangnya, ada kalanya kamu gak sadar kalau perilaku orang terdekatmu ternyata toksik. Makanya, kamu jadi terus berinteraksi dengannya.

Nah, untuk mengenali toxic people ada beberapa karakter yang bisa kamu cermati. Perhatikan, ya, supaya kamu bisa mendeteksi dan tidak berlama-lama berada di hubungan yang beracun.

1. Tidak memberimu kesempatan berbicara

Salah satu tipe orang toksik yang kerap ditemui adalah narsis. Hal ini bisa kamu cek misalnya dari bagaimana berjalannya percakapan sehari-hari. Apabila dia jarang sekali memberimu kesempatan bicara, selalu kamu yang jadi pihak pendengar, maka bisa jadi dia tipe narsis.

Orang yang narsis seperti ini umumnya egois dan mau menang sendiri. Dalam hubungan pertemanan, dia kerap gak peduli apakah tindakannya menyakitimu. Begitu pula di ranah asmara, pasangan narsis biasanya sering bikin kamu jengkel.

2. Sering mengatur-atur

Memang ada sebagian orang yang sifatnya sangat dominan. Senang sekali mengatur-atur. Selama dalam batasan wajar, sih, gak masalah.

Kamu perlu waspada jika orang tersebut sudah sampai melanggar batasan privasi yang kamu miliki. Atau bisa pula sampai mengatur kehidupan pribadimu. Perilaku demikian sudah tidak sehat, lho.

3. Selalu mengeluh

Karakter lain dari toxic people adalah sangat negatif. Hal ini bisa dilihat dari kelakuannya sehari-hari yang gak pernah lepas dari mengeluh.

Apa pun dikeluhkan. Dunia ini seolah-olah tak pernah berjalan dengan benar di matanya. Terlalu sering berinteraksi dengan orang yang hobi mengeluh bisa membuatmu jadi ketularan pesimis, lho.

4. Sering menyalahkan orang lain

Perhatikan di sekitarmu, adakan teman, pasangan, atau keluarga yang kalau salah susah sekali mengakuinya atau meminta maaf? Justru yang sering terjadi adalah dia kerap menunjuk orang lain jadi kambing hitam.

Orang seperti itu termasuk toksik, lho, dan ada baiknya dihindari. Orang toksik seperti ini pandai sekali memanipulasi sehingga sudah jelas-jelas salah, tapi berhasil mengelabuimu menjadi pihak yang bersalah.

Itu tadi beberapa contoh karakter dari orang toksik. Gimana, apakah ada orang di sekitarmu dengan karakter-karakter tadi?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak