facebook

5 Tips Menjaga Suasana Positif di Tempat Kerja, Bikin Kamu Produktif!

Riva Khodijah
5 Tips Menjaga Suasana Positif di Tempat Kerja, Bikin Kamu Produktif!
Ilustrasi wanita karier (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mengapa menjaga suasana positif di tempat kerja itu penting? Bekerja di lingkungan positif bisa membantumu untuk mengerjakan tugas dengan baik karena bisa dilakukan dengan pikiran tenang.

Sebaliknya, aura negatif dapat menyebabkan tugas pekerjaan yang harusnya mudah jadi terlihat sulit. Itulah kenapa suasana kerja yang positif bisa membuat kamu jadi lebih produktif.

Lalu, bagaimana caranya menjaga suasana kerja positif di tempat kerja? Berikut akan diulas beberapa tipsnya.

1. Bergaul dengan orang yang juga positif

Pergaulan bisa memengaruhi kehidupanmu. Itu sebabnya perlu berhati-hati dalam memilih pergaulan. Termasuk ketika di tempat kerja.

Sebaiknya hindari atau jaga jarak dengan tipe orang yang suka gosip atau sering mengeluh. Sebaliknya, dekati mereka yang punya aura positif sehingga mendorongmu untuk bisa fokus pada tugas kerja, bukan ribet dengan drama.

2. Kurangi mengeluh

Langkah selanjutnya untuk menjaga suasana positif di tempat kerja, adalah kurangi mengeluh. Ingat, lho, yang namanya pekerjaan selalu punya sisi gak enaknya. Gak ada pekerjaan yang benar-benar ideal dan berjalan mulus-mulus saja.

Daripada mengeluh yang cuma menghabiskan energi, cobalah untuk menggeser perhatianmu ke tindakan. Fokus pada aksi setidaknya jauh lebih konkret daripada cuma mengeluh doang.

3. Buat to do list

Dengan membuat daftar tugas apa saja yang mesti diselesaikan bisa membantumu tetap fokus dan terhindar dari aktivitas membuang-buang waktu. Dengan begitu, kamu jadi bisa mempertahankan etos kerja positif sehingga produktif.

4. Menyapa rekan kerja lain dengan senyuman

Saat tersenyum, yang bahagia itu bukan hanya orang yang diberi senyuman, lho, tapi kamu juga. Layaknya aura negatif yang bisa bikin orang lain ikutan negatif, maka aura positif juga menular. Melihat senyuman dari rekan kerja yang kamu sapa dapat mempertahankan mood positif.

5. Meyakini setiap kesulitan pasti ada pemecahannya

Pola pikir ini penting banget supaya kamu tetap bisa menjaga pikiran positif kendati di tengah situasi sulit. Meyakini bahwa setiap permasalahan ada pemecahannya akan memberimu harapan sehingga gak menyerah atau terus terpuruk. Perhatianmu jadi terpusat pada mencari solusi, bukan pada problem itu sendiri.

Itulah beberapa langkah untuk menjaga suasana positif di tempat kerja. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak