facebook

5 Cara Mendapatkan Nilai A di Mata Kuliah, Mahasiswa Wajib Simak!

Erfransdo Erfransdo
5 Cara Mendapatkan Nilai A di Mata Kuliah, Mahasiswa Wajib Simak!
Ilustrasi mahasiswa sedang belajar.(Pixabay/PourquoiPas)

Menjadi mahasiswa mungkin adalah dambaan banyak orang di dunia ini. Dengan menjadi mahasiswa dan berkuliah di kampus impian tentunya dapat membuat kita selangkah lebih dekat dengan mimpi. Meskipun pendidikan bukanlah satu-satunya untuk meraih mimpi, namun setidaknya dengan berkuliah kita dapat mendapatkan banyak pelajaran baru baik tentang ilmu pengetahuan maupun ilmu di luar perkuliahan.

Perkuliahan tentunya sangat berbeda dengan sistem di sekolah. Kalau di sekolah mungkin guru akan mengejar-ngejar kita untuk menuntaskan suatu tugas agar mendapatkan nilai. Berbeda dengan di perkuliahan, dosen mungkin tidak akan terlalu peduli jika mahasiswa tidak mengerjakan tugas atau masuk kelas. Toh, hal tersebut tidak akan mempengaruhi kinerja dosen tersebut. Kita lah sebagai mahasiswa yang harus berjuang mendapatkan nilai.

Orang bilang, untuk mendapatkan nilai sempurna di perkuliahan itu cukup sulit. Namun, kembali lagi hal tersebut tergantung bagaimana mahasiswa tersebut menjalankan perkuliahannya. Kalau hanya malas-malasan, ya nilainya pun tidak akan bagus. Sebaliknya, jika kita serius dan mau berusaha, nilai sempurna pun akan mengikuti.

Berikut merupakan cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan nilai A di perkuliahan.

1. Buat jadwal belajar mandiri

Hal pertama yang harus kamu lakukan jika ingin mendapatkan nilai baik di mata kuliah yaitu dengan cara membuat jadwal belajar secara mandiri. Tidak perlu gengsi takut dianggap sok ngambis atau seperti anak sekolah, toh hal itu demi kebaikan diri kamu sendiri. Dengan membuat jadwal belajar mandiri, maka kamu akan jauh lebih fokus sehingga ketika ujian tiba kamu tidak perlu khawatir lagi. Ingat, jangan lakukan kecurangan demi mendapatkan nilai sempurna.

2. Selalu catat perkuliahan di kelas

Kedua, jika dosen menjelaskan materi di kelas, usahakan untuk selalu mencatatnya di buku catatan khusus kuliah atau binder. Catat hal yang penting-pentingnya saja. Meskipun nantinya kamu akan menerima bahan ajar atau materi melalui e-mail berupa power point, tetap kamu harus mencatat materi di kelas agar tidak lupa. Terkadang, power point hanya akan membuat kita malas saja karena tidak sempat dibaca hanya dijadikan pajangan saja di handphone atau laptop.

3. Memenuhi tugas baik tugas individu maupun kelompok

Cara sederhana agar kamu bisa mendapatkan nilai bagus alias nilai A tanpa harus repot-repot adalah dengan cara selalu memenuhi tugas yang diberikan oleh dosen. Kamu harus selalu mengerjakan tugas baik tugas individu maupun kelompok. Dengan menuntaskan tugas tersebut, kamu sudah mendapatkan poin atau nilai yang bagus dari dosen, apalagi kalau kamu mengerjakan tugas dengan sangat baik.

4. Selalu hadir di kelas, jangan pernah bolos

Cara selanjutnya yaitu kamu harus selalu hadir tepat waktu di kelas jangan sampai terlambat apalagi harus bolos, kecuali ada hal-hal di luar dugaan. Beberapa dosen akan memberikan nilai yang baik pada mahasiswanya yang selalu datang di kelas. Meskipun nilai UTS dan UAS tidak terlalu bagus, namun kehadiran di kelas sudah menjadi poin utama bagi dosen. Hal tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa tersebut dapat bertanggung jawab dengan tugasnya.

5. Bagi waktu antara kuliah dengan kegiatan di luar perkuliahan

Terakhir, bagi kalian yang mengikuti kegiatan di luar akademik seperti organisasi, himpunan, kepanitiaan, atau volunteer sebisa mungkin bagi waktu antara perkuliahan dengan  kegiatan tersebut. Jangan sampai kegiatan di luar perkuliahan mengganggu perkuliahan kalian sehingga lupa untuk belajar dan mengerjakan tugas. Dengan membagi waktu, kalian bisa lebih enjoy untuk menjalankan aktivitas akademik maupun non-akademik.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan nilai A di mata kuliah. Tentunya, setiap dosen mempunyai metodenya masing-masing dalam memberikan nilai pada mahasiswanya. Namun, cara-cara di atas setidaknya dapat membantu kamu untuk meraih nilai yang bagus di kelas.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak