facebook

4 Jenis Pertengkaran Remeh yang Sering Terjadi pada Pasangan Suami Istri, Alami?

Riva Khodijah
4 Jenis Pertengkaran Remeh yang Sering Terjadi pada Pasangan Suami Istri, Alami?
Ilustrasi menyapu (pexels.com/ RODNAE Productions)

Tinggal seatap memang membutuhkan penyesuaian yang tidak mudah. Apalagi bila ternyata ada banyak kebiasaan pasangan yang gak kamu tahu sebelumnya. Baru tampak saat kalian sudah tinggal serumah. Kalau gak sabar atau toleran, tentu saja hal remeh sekalipun akan sering menjadi sumber pertengkaran. Lalu, jenis pertengkaran remeh apa saja yang sering terjadi pada suami istri? Yuk, kenali supaya kamu dan pasangan gak kaget nantinya.

1. Tugas domestik

Mengepel, menyapu lantai, mencuci piring, mencuci baju dan menjemurnya, mungkin tampak sepele. Tapi gak jarang hal ini bisa jadi sumber cekcok antara suami istri, lho. Cekcok tersebut kerap disebabkan ada salah satu pihak yang merasa berat atau kewalahan.

Untuk mencegahnya, cobalah ketika sebelum berumah tangga kalian bicarakan dulu bagaimana nantinya pembagian tugas. Kalaupun masing-masing sudah punya tanggung jawabnya sendiri, tetap mesti ada empati ketika melihat pasangannya kewalahan. Dibantu, jangan didiamkan begitu saja.

2. Berebut acara televisi

Jenis pertengkaran remeh selanjutnya adalah rebutan acara televisi. Misalnya, suami ingin menonton pertandingan sepak bola, sementara istri ingin melihat sinetron.

Cobalah untuk berlapang dada dan bersedia berkompromi. Jangan hanya karena masalah sepele, kalian jadi bertengkar hebat. Gak worth it!

3. Acara akhir pekan

Quality time yang harusnya bisa merekatkan hubungan suami istri bisa jadi petaka bila kamu dan pasangan sama-sama gak mau mengalah. Yang satu ingin jalan-jalan ke mall, yang satu lagi ingin ke luar kota menikmati keindahan alam.

Untuk mencegah persoalan sepele ini menjadi sumber cekcok, sebaiknya bikin jadwal yang bisa mengakomodasi keduanya. Jadinya, kalian sama-sama bisa menikmati akhir pekan dengan hati senang.

4. Kebiasaan buruk

Setiap orang memang memiliki ciri khasnya masing-masing. Ada yang begitu rapi dan paling gak tahan kalau ruang berantakan. Ada pula yang cuek.

Perbedaan inilah yang kerap jadi sumber pertengkaran. Misalnya, suami punya kebiasaan lupa menaruh kunci, atau istri yang punya kebiasaan telat.

Bila kebiasaan buruk itu bisa diubah, cobalah ubah agar pasangan nyaman. Sebagai pasangan, kamu juga perlu bersikap lapang dada menghadapi kebiasaan buruknya. Jangan segala hal sepele selalu diributkan.

Nah, itu dia beberapa jenis pertengkaran sepele yang kerap terjadi saat berumah tangga. Sikapi dengan bijak, ya, agar perkara remeh tak sampai menyebabkan ribut besar.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak