facebook

5 Tips agar Kamu Tak Merasa Tertinggal dari Orang Lain, Berhenti Membandingkan Diri!

Zulfah Ariyani
5 Tips agar Kamu Tak Merasa Tertinggal dari Orang Lain, Berhenti Membandingkan Diri!
Ilustrasi perempuan iri. [Freepik]

Jalan hidup yang dilalui setiap orang tentu berbeda. Meskipun kamu dan temanmu memulai di waktu yang sama, tetapi belum tentu kalian akan meraih kesuksesan di waktu yang sama. Terkadang hal tersebut membuatmu merasa tertinggal dari temanmu.

Kamu merasa telah melakukan usaha yang maksimal, tetapi kamu belum bisa memiliki pencapaian seperti temanmu. Hanya saja kamu juga tidak tahu seberapa keras perjuangan yang dilakukan temanmu sebelum mencapai kesuksesan. Nah, agar kamu tidak terus menerus merasa iri, sebaiknya kamu mengatasi perasaan merasa tertinggal tersebut.

Berikut ini 5 tips agar kamu tak merasa tertinggal dari orang lain.

1. Fokus pada Progres

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah fokus pada setiap usaha yang kamu lakukan. Melihat jalan hidup orang lain hanya akan membuat kamu overthinking. Oleh karena itu, mulai sekarang fokuslah pada setiap langkah yang kamu lakukan untuk mencapai kesuksesan.

2. Stop Membandingkan dengan Orang Lain

Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah berhenti membandingkan hidupmu dengan orang lain. Terlalu sering membandingkan hidupmu dengan hidup orang lain akan membuat kamu tidak memiliki standar pencapaian tersendiri. Orang yang kamu anggap telah sukses dan bahagia belum tentu pada kenyataannya juga seperti itu.

3. Singkirkan Hal-hal Negatif

Hal-hal negatif akan membuat hidupmu selalu diliputi rasa cemas dan overthinking. Oleh karena itu, penting bagimu untuk menyingkirkan berbagai hal negatif. Pelan-pelan kamu bisa menyingkirkan perasaan cemas, overthinking dan yang lainnya. Dengan begitu, kamu akan lebih fokus dalam mencapai tujuanmu.

4. Jadikan Motivasi

Merasa minder dan tertinggal dari orang lain hanya akan merugikanmu. Kamu jadi kehilangan tujuan hidupmu. Kamu juga bisa menjadikan pencapaian yang dimiliki temanmu sebagai motivasi hidupmu. Jadikan hal tersebut agar kamu lebih semangat dalam mencapai tujuanmu. Kamu juga bisa mengatur ulang rencanamu agar bisa tercapai keinginanmu tersebut.

5. Cari Sumber Motivasi

Jika kamu merasa tertekan dan merasa sangat berat menjalani hari, maka tak ada salahnya kamu mencari sumber motivasi. Kamu membutuhkan support system yang bisa mendukung dan memberikan semangat kepadamu. Kamu bisa menceritakan apa yang kamu rasakan kepada orang yang kamu percaya. Dengan cara tersebut maka kamu akan merasa lebih lega dan lebih semangat menjalani hidup.

Apakah kamu pernah merasa tertinggal dari teman-temanmu? Jika ya, maka kamu bisa mencoba mengatasinya dengan 5 cara tersebut di atas.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak