facebook

5 Tanda Bahwa Sebenarnya Kamu Toxic pada Dirimu Sendiri

Teri Ulandari
5 Tanda Bahwa Sebenarnya Kamu Toxic pada Dirimu Sendiri
Ilustrasi merenung.[Pexels/Anastasiya Lobanovskaya]

Toxic pada hubungan sering terjadi, tetapi ternyata kita juga bisa toxic pada diri kita sendiri. Banyak hal yang tanpa sadar kita lakukan, yang berakhir dengan menyakiti diri sendiri atau istilah bekennya toxic pada diri kita sendiri. 

Namun, karena kita tidak menyadari bahwa kita juga perlu bahagia, hingga kalian tanpa sadar bahwa kalian telah menyakiti diri kalian sendiri. Berikut ini 4 tanda bahwa kita toxic pada diri kita sendiri yang bisa kamu lihat pada dirimu, apakah kamu pernah melakukannya? 

1. Selalu fokus pada hal negatif dirimu

Kamu selalu fokus pada kekuranganmu, tanpa pernah melihat kelebihan pada dirimu. Kamu selalu menganggap dirimu kurang dari orang lain dan selalu membandingkannya, yang berarti kamu hanya fokus pada kekurangan dan hal negatif pada dirimu, hingga membuat kamu toxic pada dirimu sendiri. 

2. Tidak berusaha melakukan hal yang terbaik versi dirimu

Kamu hanya menganggap dirimu selalu rendah dari orang lain. Tanpa, pernah untuk berusaha agar bisa mencapai apa yang membuat kamu bahagia. Selalu membandingkan kekuranganmu dengan orang lain. Dan tidak pernah mengembangkan kelebihanmu, atau berusaha untuk melakukan  sesuatu sesuai versi dirimu. 

3. Bohong pada diri sendiri

Pernah melakukan segala hal, padahal kamu kesakitan ketika melakukannya? Hal tersebut berarti kamu sedang toxic pada dirimu sendiri. Kamu bohong pada dirimu sendiri, bahwa kamu tidak bisa dan mengatakan bahwa kamu bisa, sehingga akhirnya menyakiti dirimu sendiri. Atau kamu mengatakan bahwa kamu baik-baik saja, padahal kamu tidak dalam keadaan baik-baik saja. 

4. Memperlakukan diri sendiri dengan tidak baik

Kamu tidak pernah memperlakukan dirimu sendiri dengan baik, semisalnya kamu terlibat dalam diskusi semua orang menyuarakan pendapatnya, sedangkan kamu tidak menyuarakan apa yang ada di pikiranmu. Kamu juga selalu menyangkal hal-hal baik pada dirimu yang bisa kamu lakukan, dan selalu mengatakan bahwa kamu tidak bisa melakukannya. 

Itulah empat tanda bahwa kamu sedang toxic pada dirimu sendiri. Jika kamu menemukan keempat tanda tersebut atau salah satu tandanya, sebaiknya segera kamu sadari. Dan berusaha untuk memperbaiki hal tersebut, jangan terus-menerus menyakiti dirimu sendiri, ya. Semoga bermanfaat. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak