facebook

Penting! Ini 6 Hal yang Perlu Dipersiapkan saat akan Mudik

Fatson Tahya
Penting! Ini 6 Hal yang Perlu Dipersiapkan saat akan Mudik
Ilustrasi mudik lebaran (Freepik.com)

Mudik menjadi aktivitas yang sangat ditunggu-tunggu, khususnya saat menjelang Hari Raya Idul Fitri. Dalam perjalanan mudik atau yang juga sering disebut dengan pulang kampung tentu saja memerlukan persiapan yang matang.

Berikut 6 hal yang perlu dipersiapkan saat akan berangkat mudik.

1. Transportasi

Saat mudik tentu saja persiapan transportasi perlu diperhatikan, dari memilih transportasi apa yang akan digunakan untuk mudik, hingga persiapan transportasi yang akan digunakan, contoh mudik menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, tentu saja sebelum digunakan untuk mudik, mobil harus di cek terlebih dahulu, agar mudik dapat berjalan aman dan nyaman.

2. Barang yang akan dibawa

Persiapkan barang bawaan yang akan dibawa saat mudi beberapa hari sebelum hari keberangkatan mudik, agar saat mempersiapkan barang-barang yanag akan dibawa saat mudi tidak tergesa-gesa dan meminimalisir resiko barang tertinggal.

Barang bawaan juga bisa berdampak pada biaya saat mudik, contoh jika mudik naik pesawat maka biasanya maskapai penerbangan memiliki ambang batas barang bawaan yang tidak dipungut biaya, jika melebihi ambang batas tersebut biasanya akan dikenakan biaya tambahan. Jadi persiapkan barang bawaan yang akan dibawa mudik dengan baik.

3. Konsumsi

Konsumsi ini terkait makanan, minuman, serta obat-obatan. Saat mudik tidak ada salahnya untuk membawa bekal makanan dan minuman, hal itu bisa bermanfaat untuk berbuka atau sahur, mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri yang dilakukan saat masih Bulan Suci Ramadhan memerlukan konsumsi untuk berbuka dan sahur.

Tidak hanya makanan, dan minuman, obat-obatan juga bisa dipersiapkan untuk dibawa saat mudik, alangkah baiknya kita mempersipakan dengan baik untuk menghadapi segala kondisi.

4. Komunikasi

Ada kalanya saat perjalanan mudik terjadi gangguan komunikasi, maka sebelum berangkat mudik akan lebih baik jika menghubungi keluarga terlebih dahulu di kampung halaman., dan tentu saja sellalu memberi kabar secara berkala kepada keluarga yang berada di kampung halaman.

5. Pakaian

Saat perjalanan mudik kita harus mempersiapkan pakaian dengan baik, pilih pakaian yang nyaman, apalagi dalam perjalanan mudik jarak jauh.

Memakai pakaian yang nyaman bisa membuat mudik terasa nyaman dan mengasyikan.

6. Biaya

Hal ini juga penting, persiapkan segala kebutuhan biaya dengan baik saat perjalanan mudik, sehingga perjalanan mudik bisa berjalan dengan lancar saat berangkat mudik dan pulang mudik.

Itulah 6 persiapan yang harus dilakukan saat akan berangkat mudik. Saat mudik patuhi aturan yang berlaku. Semoga lancar dan selamat sampai tujuan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak