facebook

4 Langkah yang Perlu Dilakukan agar Lebih Dihargai Pasangan

Rizki Putra
4 Langkah yang Perlu Dilakukan agar Lebih Dihargai Pasangan
Ilustrasi pasangan.[pexels.com/J carter]

Sikap saling menghargai bisa meminimalisir konflik yang terjadi dalam hubungan asmara.  Dengan bisa saling menghargai, dapat bersikap terbuka terhadap perbedaan yang terjadi antara satu sama lain.

Alhasil, sikap toleransi pun bisa dilakukan oleh masing-masing. Maka dari itu, berikut ini beberapa langkah yang perlu dilakukan agar lebih dihargai pasangan.

1. Hargai dirimu sendiri

Mungkin masih banyak orang belum menyadari, bagaimana cara seseorang memperlakukanmu, sama halnya cara kamu memperlakukan diri sendiri. Oleh karena itu, sebelum menuntut pasanganmu untuk bisa menghargaimu, alangkah lebih baik cobalah agar menghargai dirimu sendiri.

Belajar menghargai diri sendiri adalah salah satu hal yang wajib kamu lakukan. Sebab, orang yang sulit menghargai dirinya sendiri cenderung hanya melihat dari sisi kekurangannya saja, dibandingkan kelebihannya.

2. Jangan menghakimi diri sendiri

Mengkritik diri sendiri tentu sangat bermanfaat agar kita sadar untuk terhindar melakukan hal yang tidak baik. Sebaiknya, hal tersebut tetap harus dikendalikan agar tidak selalu menghakimi diri sendiri.

Maka dari itu, cobalah lebih aware jangan sampai pikiranmu selalu menghakimi diri sendiri. Hal yang sebenarnya dibutuhkan bukanlah penghakiman, namun sikap menerima dan mau mengembalikan keadaan jadi lebih baik.

3. Peduli terhadap diri sendiri

Ketika orang telah menghargai dirinya sendiri, tentu sadar bahwa pentingnya untuk bisa bersikap self care. Mulai dari sisi fisik, penampilan, materi, dan lainnya.

Jika sudah peduli terhadap diri sendiri, pasti kondisi emosionalmu jadi lebih baik. Sehingga, kamu lebih dewasa dan berintegritas. Dengan begitu, pasanganmu pun bisa menghargaimu secara baik.

4. Berani untuk menolak

Seseorang yang tidak dihargai oleh pasangannya salah satunya disebabkan karena selalu mengiyakan semua permintaannya. Maka dari itu, sudah seharusnya berani untuk menolak.

Bukan maksudnya ingin dianggap sok jual mahal, namun dari sanalah untuk belajar memprioritaskan dirimu sendiri. Terlebih lagi, permintaannya justru membuatmu merasa kurang nyaman dan tidak sesuai dengan keinginanmu. Jadi, jangan ragu lagi jika ingin menolak.

Kalau berharap bisa dihargai oleh pasangan, maka perbaiki dulu caramu menilai diri sendiri. Dengan begitu, kamu sadar bahwa setiap orang sangatlah berharga, termasuk dirimu sendiri. Jika ternyata memang sikap pasanganmulah yang tidak bijak, maka sudah sepantasnya untuk melepaskan dia yang tidak bisa menghargaimu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak