facebook

5 Ide Menghijaukan Teras yang Sempit, Patut Dicoba!

Dream Praire
5 Ide Menghijaukan Teras yang Sempit, Patut Dicoba!
Ilustrasi rumah. (Pexels.com/Pixabay)

Hampir semua orang setuju bahwa memelihara tanaman di rumah banyak memberikan manfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain.  Berkebun di halaman yang luas memang akan memberikan keleluasaan dalam berkreasi dan menanam aneka macam tanaman. 

Tetapi, tak semua orang memiliki halaman belakang yang luas atau pun halaman depan yang memadai untuk menanam berbagai jenis tanaman yang diinginkan. Namun, hal ini bukan berarti tak ada lagi kesempatan untuk memiliki tanaman penghijau walaupun di teras.

Jika teras kamu tergolong sempit, jangan khawatir. Berikut 5 ide yang bisa kamu coba untuk menghijaukannya.

1. Manfaatkan tiang

ilustrasi tanaman rambat (Pexels.com)  Courtney Sargent
ilustrasi tanaman rambat (Pexels.com/Courtney Sargent)

Kamu bisa menanam tumbuhan yang bisa merambat. Manfaatkan tiang teras sebagai media bagi tanaman untuk bertumbuh. Saat daun-daunnya tumbuh subur, kamu seperti memiliki pohon dengan tiang sebagai pokok batangnya. Tetapi, kamu perlu memperhatikan komposisi tampilan teras kamu dengan adanya tiang yang rimbun oleh dedaunan. Pangkas dengan ukuran yang akan membuat teras kamu tampak sejuk namun juga tidak gelap.

2. Gantung tanaman

ilustrasi tanaman gantung (Pexels.com/ Min An)
ilustrasi tanaman gantung (Pexels.com/Min An)

Pasang pengait lalu kaitkan pot gantung yang sudah berisi tanaman pilihanmu. Cara ini tidak memakan banyak lahan namun tetap mampu menyajikan keindahan dan kesegaran pada teras rumah kamu. Pilih tanaman yang memang cocok untuk ditanam di pot gantung.

3. Manfaatkan balkon

ilustrasi balkon (Pexels.com)/  Gauthier Pierre
ilustrasi balkon (Pexels.com/ Gauthier Pierre)

Jika rumahmu mempunyai balkon, kamu bisa meletakkan tanaman di situ. Bahkan, kamu bisa hanya meletakkannya di pagar balkon. Sulur tanaman yang menjuntai di atap teras akan menyerupai tirai hijau yang segar. Tentu saja kamu harus menyesuaikan jenis tanaman yang akan kamu pilih. Kamu juga harus rajin membuang bagian daun atau batang yang sudah mengering agar teras tidak terkesan suram.

4. Gunakan pot

ilustrasi tanaman dalam pot (Pexelscom)/ Ayush Kaul
Ilustrasi tanaman dalam pot (Pexels.com/Ayush Kaul)

Ini mungkin cara yang paling umum. Kamu bisa bertanam dengan menggunakan pot. Tanaman yang kamu pilih bisa berupa bunga atau juga sayuran. Bahkan kamu juga bisa memiliki tanaman yang bisa kamu manfaatkan untuk memasak. Mulai dari bumbu dapur bangsa kengkuas, kunyit, kencur dan lain-lain, Kamu juga bisa menanam lombok, tomat bahkan terong.  Selain warna-warnanya cantik, kamu juga bisa menghemat pengeluaran untuk kebutuhan dapur sehari-hari.

5. Buatlah pergola

ilustrasi tanaman di langit-langit (Pexels.com)/ Valeria Boltneva
Ilustrasi tanaman di langit-langit (Pexels.com/ Valeria Boltneva)

Pergola bisa dimanfaatkan untuk menanam tanaman rambat yang akan berfungsi seperti atap. Teras rumah kamu akan tampil hijau dan sejuk. Rawatlah tanaman agar tidak menjadi terlalu rimbun dan memberi kesan seram pada saat gelap. 

Itulah 5 ide untuk menghijaukan teras rumah yang sempit. Tertarik untuk mencoba?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak