facebook

4 Rasa Kekhawatiran Fresh Graduate Ketika Masuk ke Dunia Kerja

Rizki Putra
4 Rasa Kekhawatiran Fresh Graduate Ketika Masuk ke Dunia Kerja
Ilustrasi interview kerja (pexels.com/Anna Shvets)

Untuk kamu yang sudah lulus dari pendidikanmu, bukan berarti perjuanganmu sudah selesai sampai disitu saja. Selanjutnya, kamu pun harus bisa bertahan untuk hadapi persaingan untuk memperoleh pekerjaan. Para fresh graduate tentu merasa cemas saat sudah berada dalam dunia kerja. Sebenarnya, hal tersebut wajar terjadi, kok. Oleh karena itu, berikut empat rasa kekhawatiran para fresh graduate ketika masuk ke dunia kerja.

1. Tidak memperoleh pekerjaan

Belum ada yang menjamin setiap orang yang lulus sekolah atau kuliah bisa langsung memperoleh pekerjaan. Terlebih lagi, banyak lulusan baru yang menganggur setelah lulus. Hal tersebut yang menjadi rasa kegelisahan para fresh graduate.

Dengan banyaknya lowongan pekerjaan yang ada, justru kebanyakan mengharuskan para pelamarnya mempunyai pengalaman kerja. Dengan begitu, para fresh graduate akhirnya merasa khawatir tidak memperoleh pekerjaan.

2. Memiliki lingkungan kerja yang kurang kooperatif

Banyak pengalaman yang dirasakan para junior saat di tempat kerja. Misalnya saja diberikan tugas diluar job desk, harus lembur berhari-hari, hingga dicemooh oleh atasan.

Dengan adanya konflik tersebut, terkadang justru dilebih-lebihkan oleh rekan kerja lainnya. Permasalahannya adalah para fresh graduate harus bisa memiliki mental yang tangguh agar bisa tetap bertahap dalam dunia kerja yang sesungguhnya.

3. Merasa tidak kompeten untuk bekerja

Kita tahu bahwa tidak semua ilmu yang didapatkan semasa sekolah akan dipakai dalam dunia kerja. Hal tersebut justru membuat para fresh graduate menjadi cemas.

Sebab, mereka merasa tidak memiliki pengalaman yang cukup dibandingkan orang-orang yang sebelumnya sudah bekerja. Mau gak mau, fresh graduate harus bisa lebih kreatif untuk menunjukan keunggulannya.

4. Tidak mempunyai relasi ke perusahaan mana pun

Memiliki relasi sangatlah bermanfaat untuk mengetahui beragam informasi terkait lowongan pekerjaan. Terlebih lagi, banyak cerita orang bisa diterima kerja hanya memanfaatkan relasi yang dimilikinya.

Pada kenyataannya, tidak semua fresh graduate mempunyai relasi yang memadai. Bagaimanapun juga, para fresh graduate memang harus memiliki keyakinan untuk lebih semangat untuk meniti kariernya.

Itulah empat rasa kekhawatiran para fresh graduate ketika masuk ke dunia kerja. Sebenarnya, hindarilah rasa khawatir yang berlebihan. Sebab, yang perlu dilakukan oleh para fresh graduate adalah jangan mudah putus asa, perbanyak berusaha, dan berdoa. Dengan begitu, ada waktu yang tepat bisa memperoleh karier terbaik.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak