facebook

4 Tips Hadapi Lingkungan Kerja yang Tidak Sehat

Rizki Putra
4 Tips Hadapi Lingkungan Kerja yang Tidak Sehat
Ilustrasi merenung.[pexels.com/Yan Krukov]

Berada di lingkungan kerja yang sehat bisa meningkatkan produktivitasmu. Hal tersebut bisa terjadi karena memberi rasa nyaman, alhasil fokus bekerjamu pun dapat terjaga.

Namun kalau lingkungan yang tidak sehat, memberi dampak buruk terhadap performa kerjamu jadi menurun. Sebab, suasana hatimu merasa tertekan yang pada akhirnya konsentrasimu terganggu. Maka dari itu, berikut ini beberapa tips hadapi lingkungan kerja yang tidak sehat.

1. Hindari menutup diri, cobalah menjalin pertemanan dengan rekan kerja lainnya

Kalau kamu berada dalam lingkungan kerja yang tidak sehat, bukan artinya kamu menutup diri saja. Dengan menyendiri, justru membuatmu jadi tertekan lantaran tidak memiliki teman.

Oleh karena itu, jalinlah pertemanan dengan rekan kerja lainnya. Namun sebaiknya, tetap harus waspada ketika ingin memilih teman, ya.

2. Mencoba untuk melihat dari sisi positifnya

Kalau selama ini kamu cenderung hanya melihat dari sisi negatifnya, tentu saja yang ada di pikiranmu hanya menganggap tidak ada hal baik di tempat kerjamu. Padahal, pastinya ada sisi positif yang bisa kamu ambil agar tetap bisa bertahan berada di posisi kerjamu saat ini.

Contohnya saja sebagai batu loncatan agar memperoleh karier yang lebih baik lagi ke depannya. Selain itu, memperoleh relasi baru yang membantumu dalam meniti karier.

3. Hindarilah terlibat di dalamnya

Kalau ternyata yang menjadi penyebab lingkungan tidak sehat lantaran rekan kerjamu yang bermasalah, sebisa mungkin kamu perlu menghindar untuk tidak terlibat dengan mereka. Bersikaplah profesional hanya berinteraksi untuk kepentingan pekerjaan saja.

Usahakan mencari rekan kerja yang memberi dampak positif untukmu agar semangat kerjamu tetap terjaga. Bagaimanapun juga, kamu tetap harus cermat dalam bergaul, termasuk di dunia kerja.

4. Cari kegiatan yang kembalikan suasana hatimu agar semangat bekerja

Jika lingkungan kerja yang tidak sehat memengaruhimu jadi malas untuk bekerja, maka carilah kegiatan yang bisa kembalikan suasana hatimu agar semangat kembali. Dengan bisa mengembalikan suasana hati, membuatmu dapat bekerja lebih maksimal.

Lakukanlah hal-hal yang membuatmu senang agar tidak stres hadapi lingkungan kerja yang tidak sehat. Jangan dibiarkan begitu saja ketika mood kerjamu sedang menurun, ya.

Semua akan kembali pada pilihanmu, apakah tetap ingin bertahan dalam lingkungan kerja yang tidak sehat atau memilih mengundurkan diri. Usahakan keputusanmu sudah kamu pikirkan dengan matang, ya. Kalau memilih untuk bertahan, kamu bisa melakukan beberapa tips di atas.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak