facebook

4 Cara agar Berhenti Terlalu Cemas Terhadap Pikiran Orang Lain

Rizki Putra
4 Cara agar Berhenti Terlalu Cemas Terhadap Pikiran Orang Lain
Ilustrasi gosip.[pexels.com/Yan Krukov]

Banyak orang yang menganggap bahwa penilaian dari orang lain dijadikan standar yang berlaku untuk dirinya sendiri. Padahal, yang harusnya memvalidasinya itu berasal dari diri sendiri. Tujuannya agar menghindari sikap people pleaser atau memprioritaskan orang lain dibandingkan dirinya sendiri.

Kalau menjadikan penilaian dari orang lain sebagai standar hidup, maka kita akan merasa khawatir terhadap pikiran orang lain. Dengan begitu, menjadi beban pikiran dan mentalmu pun akan down.

Maka dari itu, berikut ini 4 cara agar berhenti terlalu cemas terhadap pikiran orang lain.

1. Menerima kenyataan bahwa setiap orang pasti berpendapat tentangmu

Perlu diingat bahwa setiap orang memiliki haknya masing-masing untuk berpendapat. Sehingga, orang lain pun bisa saja memiliki penilaian atas dirimu. Walau pikiran mereka tidak selalu tepat, hal tersebut menjadi hal yang wajar dalam lingkungan sosial.

Jangan terlalu dipikirkan, bagaimanapun juga yang tahu tentang dirimu adalah dirimu sendiri dan juga orang-orang terdekatmu. Jadikanlah penilaian orang lain sebagai kebebasan pendapat, ya. Hal yang paling penting adalah pendapat orang lain bukanlah penentu atas nilai dirimu.

2. Jangan berusaha membaca pikiran orang lain

Setiap pemikiran orang pastinya sangatlah luas. Dengan begitu, kamu akan sulit menerka apa yang ada di pikiran orang lain. Maka dari itu, jangan berusaha untuk membaca pikiran orang lain, termasuk pemikiran tentang dirimu.

Jika kamu justru melakukannya, jangan heran kamu akan merasa cemas dan tersiksa. Sebaiknya, biarkan saja apa yang ingin dipikirkan orang lain tentangmu dan jangan menerka arahnya mau kemana. Dengan begitu, hidupmu pun akan lebih tenang, lho.

3. Fokus agar bisa mengelola pikiran dan perasaanmu

Mengabaikan penilaian orang lain tentang kita mengenai hal yang negatif, bukanlah perkara yang mudah. Namun, bukan artinya itu tidak bisa dilakukan, lho.

Maka dari itu, kita perlu fokus agar bisa mengelola pikiran dan perasaanmu. Tujuannya agar tidak mudah terjebak dari sikap people pleaser yang bisa berpengaruh buruk terhadap diri kita.

4. Jangan berpikiran bahwa kamu menjadi pusat dunia

Salah satu cara menangani kecemasan akan pikiran orang lain tentang dirimu adalah jangan berpikiran bahwa kamu menjadi pusat dunia. Sadarilah kalau dulu kamu tidak selalu menjadi target yang dibicarakan oleh banyaknya orang seperti publik figur.

Pada kenyataannya adalah semua orang belum tentu menilai dirimu sedetail memperhatikan sekitarnya, hal itu pun termasuk dirimu. Bagaimanapun juga, mereka belum tentu menghabiskan waktunya hanya untuk membicarakan tentang dirimu, lho.

Mengendalikan pikiran orang lain adalah bukan menjadi kendali dirimu untuk bisa melakukannya. Dengan memahami beberapa cara di atas, semoga kamu bisa belajar mengelola situasi di sekitarmu agar tidak terlalu cemas terhadap pikiran orang lain.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak