facebook

3 Ciri-ciri Orang yang Mengalami Trust Issues, Kamu Salah Satunya?

Rizky Melinda Sari
3 Ciri-ciri Orang yang Mengalami Trust Issues, Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi hidup bahagia (pexels)

Trust issues merupakan salah satu sikap ketika seseorang menganggap orang lain jahat. Orang yang sedang mengalami trust issues akan cenderung sulit untuk percaya kepada orang lain. Ada berbagai macam penyebab trust issues, salah satunya adalah trauma yang terjadi di masa lalu.

Kepercayaan kepada orang lain itu juga ada takaran dan kadarnya. Jangan sampai kita terlalu mudah percaya sampai dimanfaatkan, tetapi jangan pula terlalu sulit percaya karena pada dasarnya kita tidak bisa hidup seorang diri tanpa kehadiran orang lain. Dikutip dari postingan Instagram @jessy.psikolog, berikut tiga ciri atau tanda dari orang yang mengalami trust issues.

1. Merasa tidak layak dicintai

Sikap tidak mudah percaya kepada orang lain membuat seseorang merasa tidak layak untuk dicintai dan disayangi. Hal ini karena dia tidak percaya dengan kehadiran orang lain, sehingga bagaimana mungkin dia juga menyadari bahwa dia dicintai. 

Perasaan ini akan terus berkembang jika tidak segera dihentikan. Akibatnya, seseorang akan terus merasa kesepian tetapi enggan dan takut menerima cinta dan kasih sayang dari orang lain.

2. Menghindari hubungan yang dalam

Orang yang sedang mengalami trust issues cenderung menghindari menjalin hubungan yang terlalu dalam dengan orang lain. Ia menganggap bahwa berhubungan terlalu serius dengan orang lain hanya akan berisiko sakit hati dan dikecewakan.

Ia lebih memilih hidup seorang diri dan berinteraksi seminimal mungkin dengan orang lain untuk menghindari rasa sakit hati.

3. Antisipasi berlebihan terhadap penolakan

Ciri atau tanda lainnya dari orang yang mengalami trust issues adalah sikap yang terlalu parno dan takut terhadap penolakan. Ia selalu berpikiran negatif bahwa memulai hubungan dengan seseorang hanya kaan berkahir dengan buruk, sehingga ia memutuskan untuk tidak usah menjalin hubungan sedari awal. 

Itulah tiga ciri atau tanda yang menunjukkan bahwa seseorang sedang mengalami trust issues. Jika kamu merasa sedang berada di fase ini, kamu harus segera mencari tahu penyebabnya dan berusaha mencari jalan keluar. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan tenaga profesional di bidangnya agar kamu bisa hidup bahagia.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak