facebook

Jangan Malas-malasan! Ini 5 Cara Kembali Produktif setelah Libur Lebaran

Muhammad Afsal Fauzan S.
Jangan Malas-malasan! Ini 5 Cara Kembali Produktif setelah Libur Lebaran
Ilustrasi produktif (Pexels.com/Thirdman)

Cara kembali produktif setelah libur lebaran sangat diperlukan. Hal ini dikarenakan, ketika libur lebaran tentunya kebiasaan kita pun berbeda seperti sebelumnya.

Saat liburan, kita pastinya lebih santai dan menikmati masa liburan dengan hal-hal ringan dan menyenangkan. Tentunya hal itu bisa mempengaruhi produktivitas dan perlu dikembalikan semangatnya.

Perlu diketahui, menjaga keseimbangan antara kerja dan liburan penting. Jadi, jangan sampai rasa malas menaklukkan kamu. Nah, kamu bisa coba cara kembalikan produktivitas bekerja usai libur lebaran dikutip dari Halodoc berikut ini.

1. Mulai Hari dengan Olahraga

Ketika liburan, wajar kalau kamu malas berolahraga. Padahal, olahraga bisa memulihkan tenaga dan bersemangat beraktivitas. Nah, agar produktivitas kamu kembali, maka awali hari dengan berolahraga.

Kamu harus bangun pagi, dan hirup segarnya udara. Selain itu, kamu berjalan kaki keliling komplek atau taman, lari-lari kecil, bersepeda pun sama menyenangkan. Jika kamu memiliki waktu luang lebih banyak, kamu bisa berenang dan keluarkan beban pikiran.

2. Dilarang Begadang

Ketika esok hari mulai bekerja, kamu tidak boleh tidur terlalu malam atau begadang. Libur lebaran tidak mengharuskan kamu untuk bangun pagi, artinya kamu bebas tidur kapan saja. Bahkan, begadang cuma untuk mengobrol asyik dengan keluarga.

Kini, saat kamu perlu kembali produktif, istirahat merupakan hal yang penting. Tidak boleh begadang atau kamu akan bangun dengan tubuh lelah.

3. Berangkat Kerja Lebih Awal

Mulai hari pertama bekerja dengan berangkat atau tiba di kantor lebih awal. Sedikitnya 20 menit lebih pagi. 

Hal itu sangat baik karena kamu dapat memakai waktu ini untuk beradaptasi di lingkungan kantor yang sudah ditinggalkan saat liburan.  

Kamu pun dapat membuka kembali folder pekerjaan, mencari tahu hingga mana pekerjaan kamu sebelum liburan.

4. Rencanakan Pekerjaan

Cara kembalikan produktivitas usai libur lebaran lainnya ialah dengan membuat rencana kerja. Kamu tidak akan merasa pekerjaan menumpuk kalau membuat rencana kerja dengan konsep skala prioritas. 

Hal ini akan membuat pekerjaan kamu terukur, dan tugas selesai satu per satu tanpa membebani akibat deadline yang ketat dan beban kerja yang menumpuk.

5. Istirahat Sebentar

Bekerja dalam waktu lama setelah liburan pasti jenuh dan melelahkan. Tentunya kamu bisa saja masih berkeliaran ke ingatan saat liburan. Hal itu dapat menurunkan produktivitas kamu. 

Maka dari itu, kamu bisa istirahat sebentar 2-5 menit agar otak kembali segar. Atur timer di HP agar mengingatkan untuk istirahat. 

Mengembalikan produktivitas memang bukan hal yang mudah untuk sebagian orang. Akan tetapi, bukan berarti itu tidak bisa dilakukan.

Agar lebih semangat, minum vitamin supaya memperkuat daya tahan tubuh. Badan yang segar dan bugar tentunya membuat kamu lebih produktif.

Nah, itulah lima cara yang bisa membuatmu kembali produktif setelah libur lebaran. Apakah kamu sudah menerapkannya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak