facebook

4 Langkah Elegan Menyikapi Teman Bermuka Dua, Tak Perlu Emosi!

Riva Khodijah
4 Langkah Elegan Menyikapi Teman Bermuka Dua, Tak Perlu Emosi!
Ilustrasi teman (freepik.com/garetsvisual)

Namanya juga manusia, tentu karakternya berbeda-beda. Begitu pula dengan teman. Ada teman yang baik dan suportif, tapi ada pula teman yang kehadirannya sering bikin kamu makan hati. Salah satunya teman bermuka dua.

Bila kebetulan kamu memilih jenis teman seperti ini, berikut akan diulas beberapa langkah elegan untuk menyikapinya. Berikut langkah menyikapi teman bermuka dua.

1. Jangan terpancing emosi

Teman yang bermuka dua memang menyebalkan dan kerap bikin emosi. Akan tetapi, semakin kamu terpancing oleh perilakunya bisa semakin membuat dia senang, lho, karena orang akan melihatmu kekanak-kanakan. Padahal, perilaku dialah yang sebenarnya buruk.

Semakin kamu tenang, semakin dia jadi ‘kegerahan’. Jadi, kalau dia berulah abaikan saja. Karena orang seperti ini biasanya senang mencari masalah demi mendapat perhatian.

2. Menjaga jarak darinya

Teman bermuka dua bisa sangat berbahaya bila kamu terlalu dekat dengannya. Misalnya saja, dijadikan teman curhat. Orang seperti itu umumnya sulit menjaga rahasia.

Malah ketika dia iri, rahasia yang selama ini disimpan olehnya bisa dibongkar demi melihatmu jatuh. Makanya, sebaiknya jaga jarak dengan teman seperti ini.

3. Konfrontasi langsung

Apabila ada ulahnya yang merugikanmu, misalnya dia menyebar fitnah yang enggak-enggak tentangmu. Jangan takut untuk konfrontasi secara langsung.

Tapi ingat, tetap jaga emosi. Justru mengonfrontasinya dengan ketenangan jauh lebih efektif karena akan membuat dia terlihat buruk. Kalau orang lain sampai tahu bahwa ternyata dia tukang fitnah atau termasuk teman yang bermuka dua, orang pun akan menjauhinya, lho.

4. Cari lingkungan pertemanan yang lebih positif

Kalau memang berteman dengannya lebih banyak membawa masalah, maka ada baiknya tinggalkan saja dia. Cari lingkungan pertemanan yang lebih positif.

Keputusan ini bukan berarti kamu jahat, lho. Akan tetapi, buat apa berteman dengan tipe orang yang gak bisa loyal dan malah sering bikin kamu menderita. Iya, kan?

Teman bermuka dua biasanya punya sifat munafik. Orang seperti ini memang sering bikin emosi. Semoga tips tadi bisa membantumu menyikapi teman bermuka dua dengan cara lebih elegan, ya. Ingat, tetap jaga ketenangan!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak