facebook

Rekan Kerja Susah Diajak Kerjasama? Ikuti 4 Tips Menyikapinya

Latifah ..
Rekan Kerja Susah Diajak Kerjasama? Ikuti 4 Tips Menyikapinya
ilustrasi rekan kerja.[pexels.com/Edmond Dant├Ęs]

Sudah kodratnya tiap orang diciptakan berbeda-beda. Itu sebabnya kamu enggak perlu heran ketika menghadapi rekan kerja yang bermacam-macam. Salah satunya bila ada rekan kerja yang susah sekali diajak kerja sama.

Untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Mari simak untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut!

1. Sikapi dengan tenang

Seperti telah disinggung sebelumnya, manusia itu tercipta dengan berbagai karakter. Jadi, sangatlah lumrah jika dalam satu perusahaan ada satu dua orang yang menyebalkan.

Kalau kamu sudah bisa menerima kenyataan ini, maka akan lebih mudah dalam menghadapi rekan kerja yang sulit diajak kerja sama. Kamu mampu menghadapinya dengan tenang dan enggak emosi.

2. Ajak bicara dari hati ke hati

Hal selanjutnya yang dapat kamu lakukan, yakni ajak dia bicara dari hati-hati. Tanyakan kenapa sikapnya bisa seperti itu.

Siapa tahu setelah diajak bicara ternyata baru ketahuan kalau sikapnya dilandasi perilakumu yang pernah membuatnya tersinggung. Dengan bicara baik-baik, masing-masing jadi bisa melakukan evaluasi untuk berbenah diri.

3. Fokus pada penyelesaian tugas-tugasmu

Menghadapi rekan kerja yang sulit diajak kerja sama memang sangat menantang secara emosional. Hanya saja, kalau kamu terlalu fokus pada sikapnya yang menyebalkan itu pekerjaanmu jadi enggak kelar-kelar akibat terlalu mengurusi kelakuannya.

Abaikan saja perilakunya, dan pusatkan perhatianmu pada tugas pribadi. Dengan begitu, perilaku buruknya enggak akan memengaruhi kinerjamu.

4. Bersikap tegas

Sebisa mungkin tetap jaga sikap baik pada rekan kerja seperti ini. Kalau dia berulah, berusaha sadarkan kalau hasil tim ini akan turut mencerminkan performanya.

Jika sudah berusaha didekati dengan cara baik-baik tapi masih saja dia susah diajak kerja sama, dan hal itu jadi menghambat proyek tim, maka jangan sungkan bersikap tegas. Bila perlu beberkan semua bukti mengenai sikapnya tersebut ke atasan supaya bisa ditindak.

Semua ranah kehidupan pasti ada masalahnya masing-masing. Begitu pula dunia kerja. Terkadang kamu mendapatkan atasan baik, tapi rekan kerjanya menyebalkan. Ada pula lingkungan kerjanya baik, tapi gajinya kecil. Jadi, memang di hidup ini enggak ada yang benar-benar berjalan mulus.

Semoga dengan tips tadi bisa membantumu menyikapi rekan kerja yang sulit tanpa harus membuatmu memilih keluar dari pekerjaan tersebut karena enggak tahan dengan perilakunya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak