facebook

5 Tips Mengatasi Reading Slump, Ubah Genre Bacaanmu

Rizky Melinda Sari
5 Tips Mengatasi Reading Slump, Ubah Genre Bacaanmu
Ilustasi reading slump (pexels/cottonbro)

Bagi para pembaca setia, istilah reading slump tentu tidak asing lagi. Bahkan, mungkin mereka sering mengalaminya. Memangnya apa itu reading slump

Reading slump adalah suatu kondisi yang menyebabkan seseorang kurang motivasi dan fokus dalam membaca. Reading slump dapat terjadi karena berbagai hal, biasanya karena stres dan perubahan dalam hidup sehingga memengaruhi pola membaca seseorang.  

Reading slump tidak selalu bisa diartikan bahwa seseorang sedang malas membaca buku. Keinginan untuk membaca buku tetap ada, tetapi tidak berhasil menyelesaikan satu buku pun karena berbagai kendala. Lalu, bagaimana cara mengatasinya, ya? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi reading slump, yuk simak hingga akhir!

1. Beri jeda sejenak

Ketika melakukan sesuatu karena terpaksa, tentunya hasilnya tidak akan baik dan maksimal, kan? Jadi, istirahat sejenak untuk mengembalikan mood membaca. Salah satu penyebab reading slump adalah kemungkinan jenuhnya membaca tiada henti atau sampai terlalu lelah.

2. Ubah genre bacaan 

Ada berbagai macam genre bacaan yang bisa kamu pilih. Jika kamu senang genre fantasi, mungkin kamu bisa beralih sebentar ke buku motivasi atau buku lainnya yang lebih ringan untuk mengembalikan mood membacamu. Biasanya buku-buku berat dengan genre fantasi sci-fi membuat kita merasa lelah dan penat.

3. Selingi dengan bacaan ringan 

Buku-buku tipis seperti kumpulan puisi, cerpen, kutipan, kata-kata, dengan berbagai ilustrasi mungkin bisa kamu baca selagi mengalami reading slump. Siapa tahu mood membacamu Kembali muncul setelah membaca bacaan yang ringan dan selesai dibaca dalam sekali duduk.

4. Baca ulang buku favoritmu 

Setiap pembaca pasti memiliki satu buku yang paling menjadi favoritnya di antara tumpukan buku lain. Mungkin kamu bisa membangkitkan kembali mood dan semangat membacamu dengan membacamu ulang buku favoritmu itu.

5. Ikut diskusi buku

Biasanya, beberapa penerbit dan pegiat literasi sering mengadakan acara diskusi buku di akun media sosial mereka. Kamu bisa untuk mengikutinya. Meskipun kita belum membaca buku yang didiskusikan, justru kita akan penasaran dengan buku tersebut dan mungkin bisa membangkitkan semangat membaca.

Itulah lima tips atau cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi reading slump. Kita pasti pernah merasa jenis ketika melakukan sesuatu secara terus-menerus, jadi wajar-wajar saja jika terkadang mengalami reading slump. Tidak usah merasa minder dengan yang lain, tapi berilah jeda sejenak karena yang tahu perasaanmu adalah dirimu sendiri.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak