facebook

4 Tanda Kamu Orang yang Enggak Enakan, Awas akan Merugikan Diri Sendiri!

Riva Khodijah
4 Tanda Kamu Orang yang Enggak Enakan, Awas akan Merugikan Diri Sendiri!
Ilustrasi teman.[unsplash.com/Yuvraj Singh]

Merasa enggak enak itu perlu. Sebagai contoh, saat kamu ditraktir dan karena merasa enggak enak, kamu jadi menjaga diri memilih menu yang mahal-mahal. Sikap demikian justru bagus.

Namun, sering kali yang terjadi akibat merasa enggak enakan malah jadi merugikan diri sendiri. Misalnya, kamu sudah capek banget dan butuh istirahat. Tapi, karena merasa enggak enak untuk menolak permintaan teman yang minta ditemani belanja, akhirnya kamu menuruti. Hal seperti ini yang sebaiknya dihindari.

Apakah kamu termasuk orang yang tidak enakan? Untuk mengetahuinya silakan disimak pembahasan di bawah ini!

1. Selalu berusaha menyenangkan orang lain

enggak salah ingin membahagiakan orang lain. Akan tetapi, jangan sampai berlebihan. Apalagi jika usaha menyenangkan orang lain itu sampai membuatmu kehilangan jati diri.

Sebagai contoh, keinginan membahagiakan pasangan membuatmu selalu menuruti kemauannya meski hal tersebut bikin dirimu enggak nyaman. Hal ini enggak bagus bagi kesehatan mental karena bisa membuatmu kehilangan jati diri. Selain itu, perilaku selalu menyenangkan pasangan justru bikin dia jadi enggak respek sehingga kamu akan disepelekan.

2. Merasa bersalah kalau menolak

Tanda lain kalau kamu termasuk orang yang tidak enakan, yakni sulit sekali untuk mengatakan tidak pada permintaan atau ajakan orang lain. Perasaan inilah yang kerap merepotkan dirimu sendiri.

Seperti contoh yang telah disinggung di atas. Mestinya kamu bisa beristirahat, akhirnya enggak jadi karena khawatir berkata tidak pada ajakan teman. Ujung-ujungnya ketika masuk kerja kamu jadi enggak bisa konsen karena kelelahan dan tak mendapatkan istirahat yang memadai.

3. Beban masalah ditanggung sendiri

Tanda selanjutnya kalau kamu tipe orang yang enggak enakan, yaitu ketika ada masalah dan itu berat, kamu menanggungnya sendiri. Merasa enggak enak untuk minta bantuan orang lain.

Padahal, keluarga atau teman-temanmu kalau dimintai tolong bakal dengan senang hati membantu, lho. Terlalu bergantung sehingga sering merepotkan orang lain memang enggak bagus. Akan tetapi, selalu menanggung beban sendiri ketika ada masalah juga sebaiknya dihindari. Kamu jadi rentan stres dan depresi!

4. Selalu menampakkan wajah bahagia

Hati-hati, pura-pura bahagia juga menjadi ciri orang yang tidak enakan, lho. Hal ini juga berbahaya bagi kondisi mental karena itu artinya, kamu berusaha menekan perasaan sebenarnya yang dialami.

Nah, itu dia beberapa tanda orang yang enggak enakan. Apakah kamu termasuk?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak