facebook

4 Tips Menyikapi Omongan Orang, Yuk Hindari Perdebatan!

Mutami Matul Istiqomah
4 Tips Menyikapi Omongan Orang, Yuk Hindari Perdebatan!
ilutrasi dikomentari oleh orang lain.[Pexels/Yan Krukov]

Tidak ada cara untuk menghentikan omongan orang. Seperti kita berbicara saja, tidak ada orang lain yang bisa menghentikannya. Mengurusi omongan orang memang tidak akan pernah ada habisnya. Sekejap memuji, sekejap memaki, adalah sebuah hal yang buruk namun lumrah terjadi dalam hidup bermasyarakat maupun dalam lingkup pertemanan. 

Omongan yang baik bisa saja membuat kita senang setengah mati, namun yang buruk juga bisa membuat kita tidak bisa tidur dan tidak enak makan sehari-hari. 

Maka dari itu butuh beberapa tips untuk menyikapi omongan orang yang seringkali labil dan tidak kunjung berhenti. 

1. Menerima 

Tips yang pertama adalah kita harus memiliki rasa legowo untuk menerima setiap omongan orang, baik dan buruk. 

Ketika orang berkata baik, kita harus berterima kasih namun hindari untuk merasa senang yang berlebih. Ketika orang berkata buruk, cukup tau dan berusahalah untuk tidak mau tau. 

Dengan menyadari bahwa sikap dan pendapat orang memang berbeda-beda, bisa membuat amarah kita sedikit mereda. 

2. Koreksi diri 

Ketika kita mendapatkan omongan yang buruk, tidak selalu harus lekas ditanggapi dengan perasaan buruk. Tidak mengapa untuk mencoba melihat diri sendiri. Barangkali hal yang dikatakan oleh orang lain merupakan kebenaran yang tidak kita sadari. Dengan itu, kita bisa lekas memperbaiki diri. 

3. Cuek 

Ada kalanya bersikap cuek memang sebuah hal yang menguntungkan. Dengan bersikap cuek kita tidak terlalu memikirkan apa yang orang lain katakan. Bahkan kita bisa bersikap seperti biasa dan menjalani segala hal dengan apa adanya. 

Hidup sesuai dengan keinginan diri sendiri memang hal yang membahagiakan. Asal, jangan sampai merugikan orang lain.

Bersikap cuek seringkali dianggap sebagai sebuah cara untuk menghindari perdebatan dengan orang lain.

4. Meminta maaf dan memaafkan 

Ketika orang lain berkomentar buruk dan kita menyadari kesalahannya ada dalam diri kita, maka kita harus meminta maaf. Kita harus berani mengakui kepadanya bahwa memang kita salah, dan berterima kasih karena telah diingatkan. 

Begitu juga ketika omongan orang adalah hal yang buruk dan mengada-ada, akan lebih baik untuk memaafkan ketimbang berdebat.

Itu dia 4 tips menyikapi omongan orang. Yuk hindari perdebatan!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak