facebook

3 Bahaya Merendam Cucian Terlalu Lama, Sebaiknya Hindari

Sunatus Solikhah
3 Bahaya Merendam Cucian Terlalu Lama, Sebaiknya Hindari
Ilustrasi pakaian (Pexels/Cottonbro)

Sebagian orang terbiasa merendam cucian terlalu lama karena berbagai alasan. Salah satu alasannya menganggap perendaman berdurasi lama bisa membuang kotoran yang menempel pada pakaian. Alasan lainnya kelupaan untuk segera mencuci, lalu mengeringkannya.

Kebiasaan ini bila dilakukan terlalu sering bisa menimbulkan bahaya alias dampak buruk. Memang merendamnya menggunakan detergen akan membantu proses pencucian pakaian supaya lebih cepat, terutama saat terkena noda.

Jadi, tenaga untuk proses pengucekan bisa lebih menghemat waktu. Tapi, ada batasan waktu optimal yang disarankan, yaitu 10 hingga 15 menit saja. Ada 3 bahaya merendam cucian terlalu lama melansir dari situs solusiibuattack.com, yaitu meliputi:

1. Memicu Aroma atau Bau Apek

Whirlpool Institure of Fabric Science, seperti yang dikutip oleh situs liputan6 mengungkapkan bahwa merendam pakaian hanya boleh dilakukan berdurasi 8 hingga 12 jam.

Bau pakaian akan menimbulkan apek bila dibiarkan berendam terlalu lama. Tentu momen seperti ini bukanlah yang diinginkan saat mencuci pakaian. Apalagi bila baunya masih menempel hingga pakaian kering.

2. Pakaian Menjadi Rusak

Bahaya merendam cucian terlalu lama selanjutnya yaitu membuat pakaian menjadi rusak. Bukan hanya berisiko mengalami kerusakan saat direndam, tapi juga bisa melunturkan warna dari pakaian, terutama bila jenis bahannya mudah luntur.

Selain itu berpotensi membuat pakaian melar. Untuk baju yang memiliki hiasan seperti manik-manik, juga disarankan tidak direndam terlalu lama. Alasannya, manik tersebut akan rentan lepas. Sedangkan untuk hiasan berbahan logam berpotensi berkarat.

3. Berpotensi Menimbulkan Penyakit

Dampak membahayakan merendam cucian terlalu lama terakhir yaitu berpotensi menimbulkan penyakit. Sebab, jamur serta bakteri lebih rentan muncul, sehingga penyakit akan menyerang kesehatan.

Sesuai dengan informasi yang disampaikan oleh situs Women’s World, perendaman pakaian terlalu lama akan berisiko memunculkan masalah kesehatan, seperti bersin dan batuk.

Selain itu juga bisa menimbulkan reaksi pada kulit yaitu gatal-gatal bahkan asma. Tidak hanya berlaku untuk perendaman pada air detergen saja, tapi juga larutan pewangi atau pelembut.

Bila terbiasa dengan kebiasaan ini, sebaiknya segera hentikan dan bila belum pernah melakukannya, sebaiknya hindari. Jangan sampai alih-alih membersihkan pakaian dengan merendam cucian terlalu lama malah mengalami dampak bahaya tersebut.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak