facebook

4 Alasan Menyindir di Media Sosial yang Sebaiknya Tak Kamu Lakukan

Riva Khodijah
4 Alasan Menyindir di Media Sosial yang Sebaiknya Tak Kamu Lakukan
Ilustrasi melihat HP (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Saat ini media sosial tak lagi digunakan hanya sebagai galeri menyimpan foto kenangan momen bersama atau bisa dibilang blog pribadi. Banyak juga yang menggunakan media sosial sebagai alat berjualan, atau malah media curhat.

Gak jarang kita temui aksi saling sindir di media sosial. Ada beberapa alasan kenapa perilaku seperti ini sebaiknya kamu hindari. Untuk tahu kelanjutannya, mari disimak ulasan berikut ini!

1. Dianggap kekanak-kanakan

Alasan pertama kenapa sebaiknya hindari menggunakan media sosial sebagai tempat saling sindir, adalah akan merusak citra dirimu sendiri. Orang yang melihat perilaku tersebut akan menganggapmu kekanak-kanakan.

Anggapan itu cukup beralasan mengingat orang yang dewasa ketika ada masalah pasti berusaha menyelesaikan secara langsung. Bukan dengan menyindir.

2. Bisa salah orang

Alasan selanjutnya kenapa aksi saling sindir di media sosial itu gak baik, yakni bisa salah sasaran. Yang kamu maksud dengan sindiranmu adalah teman A, tapi ternyata teman B yang tersinggung.

Bukannya masalahmu selesai jadi malah makin runyam karena telah merusak persahabatan dengan yang lain. Itulah kenapa kalau kamu sedang kesal dengan seseorang, atau tersinggung dengan sikapnya, komunikasikan langsung. Selain agar dia bisa sadar, juga mencegah permasalahan menjadi besar bila disikapi dengan menyindir secara gak langsung di medsos.

3. Masalah pribadi jadi konsumsi publik

Jejak digital itu susah dihapus, lho. Maka dari itu, berhati-hatilah dalam berperilaku di media sosial. Jangan sampai permasalahan sepele bisa sampai membuatmu menyesal nantinya karena gak diatasi dengan kematangan emosional.

Masalah yang semestinya personal jadi diketahui semua orang. Di kemudian hari permasalahan ini meski sudah selesai bisa diungkit kembali oleh mereka yang menyimpan jejak digitalmu itu. Malu, kan?

4. Bikin orang lain gak nyaman

Melihat status atau unggahanmu yang berisi berbagai sumpah serapah ataupun sindiran yang pastinya gak enak dilihat, tentu akan membuat orang lain gak nyaman.

Orang pun akan tahu kalau karaktermu seperti itu, yakni saat ada masalah bukan dibicarakan langsung tapi malah diumbar. Hal ini bisa membuatmu dijauhi, lho, karena orang ngeri bila berteman denganmu nantinya akan diperlakukan sama.

Dari uraian tadi semoga bisa jadi pengingat diri bagi kita semua untuk bisa lebih bijaksana dalam menggunakan media sosial, ya. Jangan dijadikan alat menyindir seseorang!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak