facebook

4 Tips Menerapkan Gaya Hidup Minimalis, Kurangi Pengeluaran!

Rizky Melinda Sari
4 Tips Menerapkan Gaya Hidup Minimalis, Kurangi Pengeluaran!
Ilustrasi minimalis (pexels)

Gaya hidup minimalis merupakan salah satu alternatif yang dapat diterapkan untuk berhemat. Gaya hidup minimalism menekankan prinsip membeli barang yang dibutuhkan ketimbang membeli barang secara impulsif dan sesuai keinginan.

Diskon dan berbagai tawaran menggiurkan yang sering ditawarkan oleh toko maupun online shop sering membuat para konsumen terjebak. Hingga akhirnya mereka membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan.

Untuk menyiasati hal tersebut, kita bisa menerapkan beberapa tips berikut ini agar kita dapat berhemat. Berikut adalah beberapa tips untuk gaya hidup minimalis, yuk disimak hingga akhir!

1. Beli barang berkualitas 

Meskipun harganya mungkin sedikit lebih mahal, tetapi membeli barang yang berkualitas dapat menghemat pengeluaran kita dalam jangka panjang. Kita hanya perlu mengeluarkan uang sedikit agak banyak di awal, tetapi barang tersebut dapat awet dan tahan lama.

Daripada membeli barang yang murah, lalu beberapa bulan kemudian rusak dan harus membeli yang baru. Kita akan dihadapkan pada berbagai pilihan lain, entah model yang berbeda, harga yang lebih beragam, belum lagi sampah dan timbunan barang bekas akibat barang yang rusak tersebut.

2. Rajin merawat dan membersihkan barang

Agar barang yang kamu miliki awet dan tahan lama, kamu harus rajin-rajin membersihkannya. Jangan sampai barang tersebut sebenarnya masih baru, tetapi cepat rusak karena kurang dibersihkan dan tidak dirawat dengan baik.

Barang akan tampak seperti selalu baru jika kita rajin membersihkan dan merawatnya. Minimal seminggu sekali, bersihkanlah barang-barang yang kamu miliki sekaligus sebagai sarana untuk berolahraga dan bergerak.

3. Prioritaskan kebutuhan, bukan keinginan

Jangan gampang tergiur dengan berbagai diskon yang terpampang di pintu setiap masuk toko. Sebelum memasuki sebuah toko, kita harus mempertimbangkan dulu apakah benar-benar memerlukan barang tersebut atau tidak.

Untuk mengetahui apakah kita memang harus membelinya atau tidak, kita bisa menunda membeli barang tersebut hingga tiga hari, lalu pada hari ketiga, jika perasaan ingin membeli tersebut perlahan pudar, berarti barang itu memang tidak kita butuhkan.

4. Membiasakan menabung

Alih-alih membelanjakan semua uang semau kita, ada baiknya jika kita menyisihkan sebagiannya untuk menabung. Ada satu cara yang bisa kita terapkan agar uang tabungan kita bertambah ketika kita ingin membeli sesuatu.

Misalkan, kita ingin membeli sepatu baru, tetapi sepatu yang kita miliki sudah banyak dan layak pakai semua. Kita bisa mengambil uang sejumlah harga sepatu yang kita inginkan, lalu masukkan ke dalam tabungan khusus. Dengan demikian, ketika sepatu kita rusak dan ingin membeli yang baru, kita sudah punya dana cadangan.

Itulah empat tips yang bisa kamu terapkan untuk membangun gaya hidup minimalis. Kamu bisa sekalian berhemat dan menabung. Tertarik untuk menerapkannya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak