facebook

5 Cara Menjadi Anak Dewasa yang Baik untuk Orangtua, Jaga Nama Baiknya!

Mutami Matul Istiqomah
5 Cara Menjadi Anak Dewasa yang Baik untuk Orangtua, Jaga Nama Baiknya!
ilustrasi anak dan orang tua.[freepik/lifestylememory]

Banyak dari kita berusaha untuk menjadi pacar yang baik, teman yang baik, keluarga yang baik, namun lupa bahwa kita juga harus menjadi anak yang baik. 

Seiring berjalannya waktu yang membuat kita berjalan jauh, mengenal banyak orang dan hal baru, mendapatkan tanggung jawab besar, dan akhirnya membuat kita kehilangan waktu bahkan rasa bertanggung jawab kepada orangtua

Mereka seolah menjadi bagian yang terlupakan. Padahal karenanya lah kita bisa mendapatkan kesempatan dan kehidupan yang sekarang ini kita jalani. Berkat tirakat mereka, doa-doa mereka, dan cara mereka mendidik kita. Sadar tidak? 

Nah, berikut ini beberapa cara menjadi anak yang baik dan semoga bisa menjadi pengingat bagi kita untuk selalu berbakti kepada orang tua. 

1. Selalu menyempatkan waktu untuk bertemu 

Ketika mungkin kamu bekerja merantau, menempuh pendidikan di kota orang, usahakan untuk menemui orang tua dengan rutin. Meskipun sebulan sekali atau dua kali, namun berusahalah untuk mengobati kerinduan mereka. 

Kamu harus melihat bagaimana keadaan orang tuamu. Apakah mereka hidup dengan cukup? Apakah mereka dalam kondisi yang sehat? Apakah mereka baik-baik saja? Kamu harus selalu memiliki perhatian yang lebih kepada orang tua. 

2. Berusaha agar mampu membantu 

Membantu orang tua bisa dilakukan dengan berbagai macam hal. Kalau kamu dalam kondisi keuangan yang baik, bantu mereka secara finansial. Mereka tentunya tidak mengharapkan itu, namun itu lah kewajiban mu. Kalau mereka tidak mau menerima dalam bentuk uang, maka kamu bisa membelikannya sembako atau kebutuhan dapur selama satu bulan. Dan lakukan itu setiap bulan. 

Kalau kamu hanya bisa membantu melalui tenaga, kunjungilah orang tua ketika mereka membutuhkan bantuan. Misalnya, membantu orang tua panen padi di sawah, mengurus ternak, bertani, berdagang, dan lain sebagainya. Tidak mengapa kalau kamu hanya bisa membantu dengan tenaga. Asalkan ikhlas, orang tua akan sangat bersyukur karena memiliki anak yang kuat dan berinisiatif. 

Satu hal yang tidak boleh dilupakan, iringi semua itu dengan doa. Doakan orang tua agar diberikan umur yang panjang, kesehatan, dan banyak hal baik lain. Doakan mereka karena mereka juga tidak pernah terlewat untuk mendoakan mu.

3. Melibatkan orang tua dalam banyak hal

Jadilah seorang anak yang menurut pada perintah dan nasihat orang tua. Meskipun kamu memiliki pendapat sendiri, kemauan sendiri, namun kamu harus melibatkan orang tua dalam mengambil banyak keputusan. Terutama adalah keputusan yang besar.

Banyak orang yang menyesali keputusannya sendiri, banyak orang ingin mengubah masa lalu dengan menuruti perkataan orang tua. Betapa mustajabnya perkataan orang tua seolah sudah mengetahui yang kita hadapi adalah hal seperti apa. 

Mereka seolah bisa menerka dan memberikan kita saran terbaik. Sayangnya, dalam posisi itu, biasanya kita sedang fokus pada diri dan ego diri sendiri. 

4. Sering meminta maaf kepada orang tua 

Jangan ragu untuk meminta maaf kepada orang tua. Entah apa kesalahan kita, terlalu banyak disebutkan. Meminta maaflah kepada orang tua dengan tulus, dan berusaha untuk membenahi diri menjadi anak yang lebih baik. 

Banyak dari kita yang merasa malu untuk meminta maaf kepada orang tua sendiri. Padahal hal tersebut adalah hal baik yang harus terus dilakukan. 

Jangan sampai kita hidup dipenuhi dengan perasaan bersalah, jangan sampai kita kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pintu maaf dari orang tua. 

5. Menjaga nama baik orang tua

Ketika kamu mendapatkan hal baik, namamu saja yang mungkin akan harum. Namun ketika kamu melakukan hal buruk, seluruh dunia akan membawa orang tuamu. Itulah mengapa, sangat penting bagi kita untuk menjaga nama baik orang tua. 

Bahkan setelah orang tua tidak ada, kita tidak boleh berhenti untuk menjaga nama baiknya. Kalau bisa, ajarkan kepada anak-anak kita pula untuk menjaga nama baik kakek dan neneknya. 

Itu dia 5 cara menjadi anak dewasa yang baik. Semoga kita selalu diberi kemudahan dalam berbagai hal agar bisa membahagiakan orang tua di masa tuanya. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak